Beranda Jateng Pameran Arsip Upaya Lestarikan Budaya Borobudur

Pameran Arsip Upaya Lestarikan Budaya Borobudur

350
Pengunjung melihat-lihat pameran arsip di Java Mal. Intan Aliva

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Balai Konservasi Borobudur mengadakan pameran arsip Borobudur di Java Mall mulai Selasa (6/11/2018) hingga Minggu (11/11) mendatang.

Pameran dilaksanakan sebagai media penyebarluasan informasi kepada masyarakat mengenai arsip Borobudur yang sudah diakui oleh Unesco sebagai Memory Of The World, sehingga pengetahuan masyarakat tentang Candi Borobudur semakin lengkap.

Pameran memamerkan dokumen sejarah Borobudur mulai tahun 1973 sampai 1983 dengan berbagai materi seperti foto, audio visual pemugaran, dan buku. Kegiatan seperti diskusi publik atau obrolan santai dengan komunitas pecinta sejarah dan dinas dinas terkait juga dilaksanakan pada hari pertama dilaksanakannya pameran arsip Borobudur di Semarang kali ini.

Edukator Badan Konservasi Borobudur, Hariyansah menjelaskan bahwa acara ini juga sebagai bentuk peringatan satu tahun ditetapkannya Candi Borobudur sebagai Memory of the World.

“Selain itu pameran ini juga bertujuan untuk meningkatkan literasi masyarakat tentang arsip  dan kegunaannya dalam kehidupan sehari hari,” jelasnya kepada Jateng Pos.

“Semoga arsip Borobudur lebih dikenal dikalangan masyarakat luas, sehingga masyarakt depan ikut serta melestarikan Borobudur dan arsipnya,” tambahnya

Pameran ini diselenggarakan di 4 Kota yakni Yogyakarta, Surabaya, Bandung, dan Semarang sebagai tujuan akhir. (ita/drh)