Beranda Jateng Pantura Timur Pasien Sembuh COVID-19 di Kudus Mencapai 5.120 Orang

Pasien Sembuh COVID-19 di Kudus Mencapai 5.120 Orang

6

JATENGPOS.CO.ID, KUDUS – Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus, Provinsi Jawa Tengah menyebutkan jumlah pasien sembuh dari penularan COVID-19 di daerah itu mencapai 5.120 orang atau naik menjadi 89,33 persen dari total 5.731 kasus terkonfirmasi virus corona jenis baru itu.

“Pekan ini ada tambahan tujuh penderita COVID-19 yang dinyatakan sembuh menjadi 5.120 orang,” kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus Andini Aridewi di Kudus, Senin.

Awal Maret 2021, kata dia, kasus sembuh tercatat 87,48 persen, sedangkan pekan ini naik menjadi 89,33 persen.

Menurut dia, naiknya tingkat kesembuhan pasien selain penanganan medis yang lebih baik, kriteria sembuh yang terbaru juga ikut mendukung kenaikan tingkat kesembuhan pasien corona serta adanya kenaikan tingkat kesadaran masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan.

Jumlah kasus diakui masih berfluktuasi karena pekan ini ada tambahan empat kasus positif COVID-19 berasal dari dalam wilayah sehingga total menjadi 5.731 kasus.

Meskipun jumlah kasus keseluruhan terus naik, jumlah pasien dirawat terus menurun karena saat ini hanya 30 kasus dirawat, sedangkan isolasi sebanyak 63 kasus dan meninggal 518 kasus.

Walaupun kasus cenderung turun, masyarakat Kudus diingatkan untuk terus meningkatkan kedisiplinan dalam mematuhi protokol kesehatan untuk menekan kasus COVID-19, mulai dari memakai masker saat berada di tempat umum dan rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau dengan cairan pembersih tangan setelah menyentuh benda-benda yang disentuh banyak orang.

Dalam rangka menjaga daya tahan tubuh tetap optimal, masyarakat juga diminta selalu mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan istirahat yang cukup. (fid/ant)