Beranda Jateng Solo Patuhi Protokol Kesehatan, Univet Bantara Sukoharjo Gelar Wisuda Drive Thru

Patuhi Protokol Kesehatan, Univet Bantara Sukoharjo Gelar Wisuda Drive Thru

25
WISUDA : Prosesi wisuda Drive Thru Univet Bantara Sukoharjo, Selasa (15/9) dengan sistem Drive Thru. Foto : Ade Ujianingsih/Jateng Pos

JATENGPOS.CO.ID, SUKOHARJO – Sebanyak 288 wisudawan S1 dan S2 Universitas Veteran Bangun Nusantara (UVBN) Sukoharjo, mengikuti wisuda secara langsung dengan sistem Drive Thru.

Wisuda digelar dengan memperhatikan protokol kesehatan Covid19 di Halaman Kampus UVBN Sukoharjo, Selasa (15/9).

Rektor Univet Sukoharjo Prof Ali Mursyid Wahyu Mulyono mengatakan wisuda S1 ke 45 dan S2 ke 15 sedianya digelar bulan Maret, terpaksa harus tertunda hingga September ini.

“Agar tidak kehilangan momentum wisuda, di tengah masa pandemi Covid19 kami pilih metode wisuda Drive Thru, protokol kesehatan tetap dilakukan tapi wisudawan tetap memiliki momen ritual pemindahan tali topi toga,” kata Rektor Univet Sukoharjo Prof Ali Mursyid, usai wisuda.

Proses wisuda secara Drive Thru dibagi tiga sesi, yakni pukul 07.30 wib, 10.00 wib dan 13.00 wib.

Prosesnya diawali semua wisudawan mengendarai mobil, kalau tidak bisa mobil akan disediakan pihak kampus. Lalu mobil melewati panggung wisuda di gedung H perpustakaan. Wisudawan turun untuk prosesi pemindahan tali topi toga oleh Rektor, lalu kembali masuk ke mobil. Dilakukan secara beriringan.

Wisuda Drive Thru ini juga disiarkan secara live oleh salah satu stasiun TV lokal di Solo melalui Chanel YouTube.

Pelaksanaan wisuda Drive Thru juga dipantau langsung oleh Tim Gugus Tugas Covid19 Sukoharjo. Untuk memastikan protokol kesehatan Covid19 dilaksanakan.

“Sepertinya model wisuda Drive Thru ini berhasil dan memuaskan banyak pihak. Mungkin akan kita laksanakan kembali pada wisuda periode bulan Oktober mendatang,” tegasnya.

Nuha Puspaningtyas, wisudawan Pendidikan Matematika FKIP, mengaku senang ada wisuda meskipun berbeda dengan konsep yang lain dari biasanya.

“Senang ada wisuda langsung daripada wisuda online. Memang euforia nya berbeda, tapi kita memahami karena masa pandemi,” ungkap Nuha.

Dalam wisuda ini terdapat 288 wisudawan. Dari jumlah tersebut, mahasiswa yang berhasil memperoleh prestasi cumlaude sebanyak 40 orang.

Sedangkan peraih Indeks prestasi kumulatif (IPK) tertinggi S1 disabet oleh Kharisma Meika Putri prodi Agribisnis Fakultas Pertanian, dengan IPK 3,86. Untuk program Pascasarjana (S2), diraih Sidi, dengan IPK 3,82. (Dea/bis/rit)