Beranda Olahraga Pawai Obor Asian Games Libatkan 53 Kabupaten/kota

Pawai Obor Asian Games Libatkan 53 Kabupaten/kota

78
BERBAGI
PROMOSI : Warga berjalan di samping display promosi Asian Games 2018 di Kawasan Jalan Merdeka Selatan, Jakarta, Jumat (20/4). Pemerintah akan meningkatkan promosi Asian Games untuk menggaungkan perhelatan olahraga negara-negara Asia yang dilaksanakan di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus-2 September mendatang. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

JATENGPOS.CO.ID, JAKARTA – Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) akan melibatkan 53 pemerintah kabupaten dan kota di 18 provinsi dalam kegiatan pawai obor yang akan berlangsung mulai 15 Juli.

“Kegiatan pawai obor itu menjadi momentum penting agar masyarakat Indonesia dapat mengetahui dan mendukung Asian Games 2018,” kata Ketua INASGOC Erick Thohir dalam rapat koordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri di Jakarta, Senin.

Erick mengatakan api obor Asian Games ke-18 akan diambil dari Stadion Nasional Dhyan Chand, New Delhi India yang merupakan tuan rumah Asian Games pertama pada 1951.

“Rute pawai obor yang melintasi seluruh pulau di Nusantara sekaligus juga menyosialisasikan budaya dan pariwisata Indonesia sehingga masyarakat dunia akan tahu lebih jauh tentang negeri kita. Kegiatan itu berdampak positif bagi peningkatan jumlah wisatawan mancanegara dan meningkatkan perekonomian rakyat,” kata Erick.

Sekretaris Jenderal Kemendagri Hadi Prabowo mengatakan Menteri Dalam Negeri telah menginstruksikan kepada kepala daerah yang wilayahnya dilintasi kegiatan pawai obor Asian Games untuk mengerahkan pelajar dan masyarakat unntuk menggelar festival budaya dan memudahkan perizinan.

“Pawai obor Asian Games menjadi kegiatan sosialisasi untuk masyarakat Indonesia dan diliput oleh media luar negeri sehingga daerah perlu menangkap peluang untuk mempromosikan destinasi pariwisata, seni budaya, serta potensi-potensi lainnya,” kata Hadi.

Selepas pengambilan api dari India pada 15 Juli, api Asian Games akan tiba di Mrapen, Grobogan, Jawa Tengah pada 18 Juli, lalu melintasi Pulau Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat, hingga Papua Barat.

Pawai obor itu akan melanjutkan perjalanan ke Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan, dan menyeberang ke Pulau Sumatera yang dimulai dari Aceh.(drh/ant)