Beranda Internasional PBB Putuskan Selidiki Pelanggaran Israel di Gaza

PBB Putuskan Selidiki Pelanggaran Israel di Gaza

BERBAGI
Seorang anak lelaki dievakuasi saat terjadi aksi protes warga Palestina yang menuntut hak mereka untuk kembali ke tanah kelahirannya, di perbatasan israel-Gaza, timur Gaza (foto: Reuters)

JATENGPOS.CO.ID, NEW YORK – Dewan Hak Asasi Manusia PBB mensahkan resolusi yang memutuskan untuk “secara mendesak” mengirim satu komisi penyelidikan guna menyelidiki semua pelanggaran di Wilayah Pendudukan Palestina, terutama di Jalur Gaza.

Rancangan resolusi tersebut disahkan oleh 29 suara yang mendukung, dua menentang dan 14 abstein. Kedua negara yang memberi suara penentangan adalah Australia dan Amerika Serikat.

Menurut resolusi yang disahkan itu, penyelidikan mesti dilakukan dalam konteks serangan militer terhadap banyak protes sipil yang dimulai pada 30 Maret dan untuk menentukan fakta serta kondisi pelanggaran tersebut, termasuk yang bisa menjadi kejahatan perang.

Kelompok penyelidik itu juga akan mengidentifikasi mereka yang bertanggung-jawab, membuat saran, terutama mengenai langkah pertanggung-jawaban, termasuk tanggung-jawab pidana individu dan komando, bagi pelanggaran semacam itu.

Resolusi tersebut memutuskan bahwa kelompok penyelidik itu mesti menyerahkan perubahan lisan kepada Dewan Hak Asasi Manusia PBB pada September tahun ini dan laporan tertulis terakhir pada Maret tahun depan.

Resolusi tersebut menetapkan Israel mesti segera dan sepenuhnya mengakhiri penutupan tidak sahnya atas Jalur Gaza, yang menjadi penghukuman kolektif terhadap rakyat sipil Palestina.

Resolusi itu mengutuk penggunaan kekerasan secara membabi-buta dan tidak sebanding oleh pasukan pendudukan Israel terhadap warga sipil Palestina, termasuk dalam konteks protes damai, terutama di Jalur Gaza. (hfd/ant)

BERBAGI