Beranda Sekolah Hebat Opini Guru PBL Tingkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika

PBL Tingkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika

32
BERBAGI
Alifah Robiyatun, S.Pd. Guru MAN Purwodadi Grobogan
Alifah Robiyatun, S.Pd. Guru MAN Purwodadi Grobogan

GROBOGAN – Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang diajarkan di sekolah, tetapi hasil capaian pelajaran matematika secara keseluruhan masih di bawah mata pelajaran yang lain.  Banyak faktor yang penyebab rendahnya hasil belajar Matematika peserta didik, salah satunya adalah ketidaktepatan penggunaan model pembelajaran yang digunakan guru di kelas. Kenyataan menunjukkan bahwa selama ini kebanyakan guru menggunakan model pembelajaran yang bersifat konvensional dan banyak di dominasi guru. Pola pembelajaran seperti ini harus diubah dengan cara menggiring peserta didik mencari ilmunya sendiri.

Guru hanya sebagai fasilitator, sedangkan peserta didik harus menemukan konsep-konsep mandiri. Untuk mengantisipasi masalah di atas, guru dituntut mencari dan menemukan suatu cara yang dapat menumbuhkan motivasi belajar peserta didik. Pengertian ini mengandung makna bahwa guru diharapkan dapat mengembangkan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan mengembangkan, menemukan, menyelidiki dan mengungkapakan ide peserta didik sendiri.

Oleh karena itu, guru diharapkan mampu merealisasikan pembelajaran yang mengaktifkan dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif pada siswa, sehingga siswa memiliki potensi kritis dan kreatif. Untuk itu kemampuan memecahkan masalah hendaknya diberikan, dilatihkan, dan dibiasakan kepada peserta didik sedini mungkin.

Hingga saat ini, keterampilan berpikir memecahkan masalah peserta didik di Indonesia belum begitu membudaya. Kebanyakan peserta didik terbiasa melakukan kegiatan belajar berupa menghafal tanpa dibarengi pengembangan keterampilan berpikir memecahkan masalah. Untuk menyikapi permasalahan ini maka perlu dilakukan upaya pembelajaran berdasarkan teori kognitif yang didalamnya termasuk teori belajar kontruktivis. Menurut teori kontruktivis keterampilan berpikir dan memecahkan masalah dapat dikembangkan jika peserta didik melakukan sendiri, menemukan, dan memindahkan kekomplekan pengetahuan yang ada.

Dalam hal ini, secara spontanitas peserta didik akan mencocokkan pengetahuan yang baru dengan pengetahuan yang dimilikinya, kemudian membangun kembali aturan pengetahuannya jika terdapat aturan yang sesuai. Oleh karena ini guru hendaknya mampu menciptakan suasana belajar yang dapat membantu peserta didik berlatih memecahkan masalah.

Salah satu model pembelajaran yang dapat membantu peserta didik berlatih memecahkan masalah adalah model pembelajaran berbasis masalah atau Problem Based Learning(PBL). Model ini merupakan pendekatan pembelajaran peserta didik pada masalah autentik (nyata) sehingga peserta didik dapat menyusun pengetahuannya sendiri, menumbuh kembangkan keterampilan yang tinggi dan inkuiri, memandirikan peserta didik, dan meningkatkan kepercayaan dirinya. Pada model ini, peran guru adalah mengajukan masalah, mengajukan pertanyaan, memberikan kemudahan suasana berdialog, memberikan fasilitas penelitian, dan melakukan penelitian.

 

Langkah-langkah pembelajaran berbasis masalah (PBL) yang telah dikemukakan terlihat bahwa pembelajaran berbasis masalah (PBL) pada intinya merupakan suatu stategi yang digunakan guru dalam membelajarkan suatu materi pokok terkait dengan kompetensi dasar yang dipilihnya dengan melalui pemberian masalah kepada peserta didik untuk diselesaikan. Pemberian masalah yang harus diselesaikan ini hanyalah sebagai alat atau media agar peserta didik melakukan kegiatan lebih lanjut.. Model ini dapat digunakan untuk melatih dan meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan memecahkan masalah, serta mendapatkan konsep-konsep penting. Pendekatan pembelajaran ini mengutamakan proses belajar, dimana tugas guru harus memfokuskan diri untuk membantu peserta didik mencapai keterampilan mengarahkan diri dalam situasi berorientasi pada masalah, dan bagaimana belajar menjadi efektif dan menyenangkan

Alifah Robiyatun, S.Pd.

Guru MAN Purwodadi Grobogan

BERBAGI