Beranda Jateng PDIP Sukoharjo Hanya Akui Satu Paslon, Indra Surya Sebut DPC Tidak Paham Aturan

PDIP Sukoharjo Hanya Akui Satu Paslon, Indra Surya Sebut DPC Tidak Paham Aturan

166
Bacabup Indra Surya saat memperlihatkan KTA PDIP di Panti Marhaen saat mendaftarkan diri sebagai bakal calon bupati Sukoharjo.

JATENGPOS.CO.ID, SUKOHARJO – Pernyataan DPC PDIP Sukoharjo perihal DPC yang hanya mengakui satu pasang bakal calon Bupati dan Wakil bupati dalam Pilkada Sukoharjo 2020, menuai komentar dari salah satu pendaftar Balon Bupati, Indra Surya.

Indra Surya yang akrab disapa Yayak, menuding DPC PDIP Sukoharjo tidak paham aturan AD/ART dalam hal pencalonan dan penjaringan Pilkada.

“Dalam aturan partai ada pasal yang menentukan kalau pendaftar di DPC baru ada satu pasal calon maka DPD harus memperpanjang waktu pendaftaran lagi. Tapi kenyataannya informasi pendaftaran di DPC tidak transparan. Hingga mereka (DPC) mengaku hanya ada satu pasang yang dikirimkan sebagai kandidat dari PDIP Sukoharjo. Dan hanya satu pasang tersebut yang diakui DPC,” kata Yayak ditemui awak media, Jumat (17/1/2020).

Ditambahkan Yayak, akibat dari hanya ada satu pasang kandidat yang diusulkan dari DPC, maka DPP menerbitkan surat edaran (SE) Nomor 918/IN/DPP/XI/2019 tanggal 21 November 2019 perihal Pendaftaran Bakal Calon Kepala Daerah Pilkada Serentak Tahun 2020, melalui DPD dan DPP.

“Harusnya pengurus DPC paham aturan, atau mereka memang ingin hanya satu pasang kandidat saja yang diusulkan mendapat rekomendasi. Jelas itu melanggar aturan,” tandasnya.

Hal senada juga pernah disampaikan Purwadi, Wakil bupati Sukoharjo, yang juga ketua PDIP PAC Mojolaban, ia menuding pengurus DPC PDIP Sukoharjo melanggar aturan dalam proses penjaringan calon bupati dari DPC.

“Pendaftaran penjaringan tidak diumumkan secara transparan, ironis sekali saat saya yang ketua PAC tidak tahu jadwal pendaftaran penjaringan,” kata Purwadi.

Mengenai pernyataan Wawan Pribadi, Sekretaris DPC PDIP Sukoharjo yang hanya menyakui satu pasang calon yang diusulkan DPC, yakni Etik Suryani dan Agus Santosa, Indra Surya dan Purwadi mengaku tidak ambil pusing, yang pasti mereka sudah sah terdaftar sebagai kandidat penerima rekomendasi dari DPP PDIP.

“Sampai saat ini rekomendasi belum turun, kita tetap amanah menunggu hasil dengan bijaksana. Apapun hasil rekomendasinya, saya dan pendaftar lainnya ada 7 pendaftar siap saling mendukung siapapun nanti yang mendapatkan rekomendasi,” tandas Indra Surya.

Diketahui ada pendaftar bakal calon bupati/wakil bupati Sukoharjo dari PDIP yang mendaftar melalui DPD Jawa Tengah, yakni untuk calon Bupati ada Purwadi dan Henry Indraguna, sedangkan wakil bupati ada Indra Surya, AA Bambang Haryanto, Puguh, Sarmedi dan Kahono. Sedangkan dari DPC ada Etik Suryani untuk Bupati dan Agus Santosa untuk Wakil Bupati. (dea/bis/rit)