Beranda Ekonomi Pekan Ketiga Puasa, Penukaran Uang di Solo Capai Rp 63 M

Pekan Ketiga Puasa, Penukaran Uang di Solo Capai Rp 63 M

BERBAGI
Warga antre menukarkan uang baru pecahan kecil untuk keperluan lebaran melalui kegiatan penukaran uang bersama kepada masyarakat di Benteng Vastenburg, Selasa (5/6). (Putri Wijayanti/JatengPos)

JATENGPOS.CO.ID, SOLO – Memasuki pekan ketiga bulan ramadan, jumlah penukaran yang ada di wilayah Solo Raya mencapai Rp63 miliar. Sedangkan total uang yang sudah dikeluarkan Bank Indonesia (BI) Solo sudah mencapai Rp2,5 triliun dari total modal yang disiapkan ramadan tahun ini sebesar Rp5 triliun.

Kepala Kantor Perwakilan BI Solo, Bandoe Widiarto mengatakan, hingga 4 Juni jumlah uang yang dikeluarkan pihaknya sudah mencapai separuh dari total dana yang disiapkan tahun ini. Meski ramadan tingga 10 hari tersisa, namun pihaknya optimistis jika prediksi Rp5 triliun akan terkejar.

“Tahun ini jumlah uang yang kita sediakan memang meningkat dibandingkan tahun lalu yang hanya sebesar Rp4,6 triliun. Dengan perkembangan yang ada sampai saat ini kemungkinan besar bisa sampai Rp5 triliun. Karena mendekati waktu akhir seperti ini biasanya kebutuhan masyarakat akan semakin meningkat,” jelasnya di sela-sela kegiatan Penukaran Uang Bersama di Benteng Vastenburg, Selasa (5/6).

Ia memaparkan, dari jumlah uang yang sudah ditukarkan sebesar Rp63 miliar di berbagai fasilitas yang disediakan tahun ini, pecahan uang yang paling banyak ditukarkan adalah pecahan Rp5 ribuan yang sudah mencapai 3 juta lembar.

Adapun channel penukaran uang, lanjutnya, selain 13 bank umum dan bank syariah, juga dilakukan di Pegadaian dan Bank Perkreditan Rakyat (BPR). Selain itu, juga dilayani melalui kas keliling yang dibuka di kantor kabupaten di wilayah Solo Raya dan juga di tempat-tempat keramaian, seperti stasiun, terminal dan pasar tradisional.

“Kalau tahun lalu yang paling banyak pecahan Rp2 ribuan, tapi tahun ini Rp5 ribuan. Bisa jadi kemampuan masyarakat untuk memberikan uang lebaran juga meningkat,” imbuhnya.

Sementara itu, untuk penukaran uang bersama di Benteng Vastenburg tersedia 12 mobil kas dari bank umum yang siap melayani 1000 nomor antrean per harinya. Dimana penukaran bersama dilaksanakan mulai tanggal 5-7 Juni dibuka pukul 08.00-11.00 WIB. Adapun aturan penukaran uang yang dipakai masih sama dengan di bank umum dan tempat penukaran lainnya. Yakni satu penukar maksimal Rp4,4 juta.

“Syaratnya membawa KTP untuk didaftar. Hal ini menghindari praktek calo uang ataupun pedagang uang yang menukarkan uang. Selain KTP kami juga menggunakan pengaman berupa tinta yang dicelupkan ke jari sebagai penanda hari ini sudah menukar. Kalau mau menukar lagi ya kembali lagi besoknya,” jelasnya. (hfd/jay)

BERBAGI