Beranda Semarang Pekan Kreatif Nusantara Tampilkan Produk Kreatif, Kuliner, dan Seni Budaya

Pekan Kreatif Nusantara Tampilkan Produk Kreatif, Kuliner, dan Seni Budaya

101
BERBAGI
Bupati Semarang Mundjirin (dua dari kiri) mengunjungi stand alat-alat mesin pertanian yang dipamerkan di Pekan Kreatif Nusantara, Kamis (7/12). FOTO : ABDUL MUIZ/JATENGPOS.CO.ID

JATENGPOS.CO.ID, UNGARAN  –  Pekan Kreatif Nusantara 2017 digelar di Alun-alun Bung Karno, Ungaran, dibuka Bupati Semarang H Mundjirin, Kamis (7/12) kemarin. Kegiatan berlangsung mulai tanggal 7 sampai 10 Desember menampilkan pameran Ekonomi Kreatif, Kuliner, dan Seni Budaya, khususnya produk unggulan dari Kabupaten Semarang.

Bupati Mundjirin mengatakan melalui pameran ini diharapkan mampu mengangkat produk unggulan lokal Kabupaten Semarang. “Kita sekarang sedang nguwongke (menganggap orang, red) UMKM seperti yang ada di desa-desa. Produk yang orang bilang kampungan, selama ini sudah kita bantu permodalan. Tinggal bagaimana cara mereka bisa menjual produknya,” ujarnya kepada Jateng Pos, seusai membuka pameran yang menampilkan produk unggulan, kuliner, dan kesenian daerah tersebut.

Salah satu upaya menurut Bupati melalui pameran yang dalam tahun ini sudah sering diadakan di Kabupaten Semarang. “Kita punya program Suka Bela yang mengajak masyarakat Kabupaten Semarang agar membela dan membeli produk asli daerah sendiri. Cara mengupayakan agar mudah dikenal masyarakat luas hingga sampai luar negeri, kita setiap tahun mengundang pihak dari luar untuk mempromosikan, dan kali ini kita ketempatan pameran yang digelar dari kementerian,” jelas Bupati.

Selain itu, Bupati mengajak para pengrajin dan pengelola usaha di desa-desa agar mulai beralih memasarkan dengan teknologi. Kemudahan promosi yang bisa diakses lewat internet diharapkan bisa dimanfaatkan dengan semaksimal mungkin.

“Desa yang mendapat anggaran desa bisa menggunakan anggarannya untuk pemberdayaan IT (Informasi Teknologi, red), melalui teknologi ini semoga produk yang ditawarkan bisa lebih dikenal luas, bahkan berdaya saing tinggi tak kalah dengan produk luar negeri,” tandasnya.

Pameran beriringan dengan HUT Kota Ungaran sebagai ibu kota Kabupaten Semarang yang ke-34, disiapkan sebanyak 84 stand yang telah terisi berbagai jenis makanan, pakaian, kerajinan, buah-buahan hingga alat-alat mesin pertanian (Alsinta).

Pameran ini merupakan kerja sama dengan delapan kementerian meliputi Kementerian Kolerasi dan UKM, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, Kementerian Desa PDT dan Transmigrasi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pariwisata, Kementerian Kominfo dan Kementerian Ekonomi Kreatif Indonesia. (muz)