JATENGPOS.CO.ID, PATI – Selain dilengkapi dengan instalasi penunjang medis seperti Rehabilitasi Medik serta Laborat. Kini RSUD RAA Soewondo Pati juga didukung dengan Instalasi Radiologi dengan pelayanan 24 jam penuh.

Ruangan Instalasi Radiologi ini melayani semua pasien, baik pasien umum, BPJS PBI maupun non BPI dengan standar pelayanan yang sama. “Instalasi Radiologi merupakan instalasi penunjang yang memberikan layanan pemeriksaan radiologi,” ujar Direktur RSUD RSUD Sowondo Pati dr. Suworo Nurcahyono,M.Kes, melalui dr. Rohmat Widiatma, Sp.

Rad. Rohmat mengatakan, hasil pemeriksaan radiologi berupa foto/gambar untuk membantu dokter yang merawat pasien dalam melakukan diagnosis.

“Instalasi Radiologi di RSUD RAA Soewondo berada di bawah penanganan 2 dokter ahli dan 10 radiografer berpengalaman,” katanya.

Selain itu, juga dilengkapi dengan peralatan canggih dan modern yang mampu menunjang kebutuhan diagnostik seluruh bidang spesialistis.

Instalasi tersebut melayani pasien rujukan dokter, permintaan poli klinik, ataupun pasien rawat inap. “Di sini kami menyediakan beragam pemerik saan, diantaranya pemeriksaan konvensional, kontras, CT Scan dan USG,” ungkapnya.

Menurut Rohmat, pemeriksaan konvensional digunakan untuk foto paru-paru ataupun pasien kecelakaan yang mengalami patah tulang. Kemudian kontras untuk melihat kelainan pada saluran cerna ataupun saluran kencing.

“USG untuk melihat organ-organ perut, teroid, testis dan payudara,” imbuhnya. Untuk melihat organ di kepala pasien, digunakan CT Scan. Semisal ada tumor dibagian kepala maka bisa dilihat dengan CT Scan itu. Dengan adanya Instalasi Radiologi di RSUD RAA Soewondo ini,  tentunya pasien akan mendapatkan penanganan serta pengobatan sesuai dengan kelainan maupun penyakit yang dideritanya. (arf/mg8)