Beranda Sekolah Hebat Opini Guru Pelayanan Prima Dongkrak Profil Sekolah Masa Depan

Pelayanan Prima Dongkrak Profil Sekolah Masa Depan

13
SARTO,S.Pd Kepala SDN 1 Sukomangu, Purwantoro Wonogiri
SARTO,S.Pd Kepala SDN 1 Sukomangu, Purwantoro Wonogiri

Kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi salah satu penyebab rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia. Tingkat sosial ekonomi dan kesehatan gizi yang baik tidak akan bertahan tanpa adanya manusia yang memiliki pendidikan yang berkualitas. Melalui pelayanan pendidikan yang menyenangkan, maka tujuan pembelajaran akan tercapai secara optimal.

Menurut Drs.JPG.Sianipar, MM.MBA (2008), Pelayanan Prima mampu memberikan suatu sikap atau cara karyawan dalam melayani pelanggan secara memuaskan. Pelayanan yang prima dari kepala sekolah kepada para guru, karyawan dan para siswa akan dapat menggairahkan kegiatan pembelajaran di sekolah.
Sekolah merupakan lembaga pendidikan yang bertujuan mencerdaskan dan meningkatkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas. Diharapkan sekolah mampu berperan aktif dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Hal ini sesuai dengan tujuan pendidikan nasional yang tertuang dalam pasal 4 UU RI No. 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan UU No 20 Tahun 2003. Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik di pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar dan pendidikan menengah.

Peserta didik adalah siswa yang perlu mendapat pelayanan sehingga menjadi lebih baik masa depannya. Terjadi hubungan yang sangat erat antara peserta didik, guru, dan sekolah. Pelayanan yang prima diharapkan dapat memuaskan bagi orang yang dilayani. Pelayanan yang prima merupakan hal yang penting dalam pencapaian tujuan pendidikan yakni: mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mandiri dan bertanggung jawab kepada masyarakat dan bangsa.

Berdasarkan pemaparan di atas, Kepala Sekolah memperoleh gambaran bahwa upaya memberikan pelayanan yang prima guna memperoleh tujuan pendidikan yang diinginkan. Melalui pelayanan yang prima maka tujuan pendidikan yang berkualitas dapat dicapai. Secara otomatis profil sekolah juga akan terangkat.

Penulis sebagai Kepala Sekolah SD Negeri 1 Sukomangu Purwantoro Wonogiri, memberikan motivasi kepada warga sekolah dalam rangka pencapaian tujuan pembelajaran. Kepala sekolah mendorong warga sekolah untuk dapat mencapai prestasi yang lebih baik. Karakter pelayanan yang prima ini menjadi budaya di sekolah. Besar harapan mampu membangun mentalitas warga sekolah untuk bekerja keras, disiplin, profesional dan mandiri. Kepada para pengelola atau manajemen sekolah untuk melakukan gerakan inovatif dalam rangka memberdayakan diri. Warga sekolah diberdayakan secara kreatif dan dinamis sesuai dengan kondisi dan nilai-nilai lokal, nasional, dan perkembangan global.

Terobosan dan inovasi yang perlu untuk dikembangkan adalah strategi alternatif. Tujuannya adalah menghasilkan peserta didik yang unggul, yaitu berupa pemberian perhatian dan perlakuan khusus kepada peserta didik sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuannya. Melalui pelayanan prima peserta didik yang memiliki potensi dapat dikembangkan sehingga lebih berkualitas atau unggul. Pelayanan prima juga bisa mendongkrak profil sekolah masa depan.

SARTO,S.Pd
Kepala SDN 1 Sukomangu, Purwantoro Wonogiri