Beranda Sekolah Hebat Opini Guru Pembiasan PAI Sukseskan Pendidikan Karakter di SMP 1 SRAGEN

Pembiasan PAI Sukseskan Pendidikan Karakter di SMP 1 SRAGEN

159
. Haritsatui Fitriyah Guru SMP Negeri 1 Sragen
. Haritsatui Fitriyah Guru SMP Negeri 1 Sragen

JATENGPOS.CO.ID, – Presiden Jokowi mencanangkan pendidikan karakter pada sekolah, yang ditindak lanjuti oleh Pendapat menteri Pendidikan Bapak Muhajir tentang pendidikan karakter

Pentingnya pendidikan karakter bagi sekolah sekolah di Indonesia. Pendidikan karakter sangat penting dilakukan di sekolah sekolah di seluruh Indonesia dalam rangka menjawab permasalahn global di masyarakat Indonesia.Permasalahn dari korupsi pejabat di pemerintahan,  sosial budaya sampai perkembangan ekonomi Indonesia adalah dampak panjang dari gagalnya pendidikan karakter di sekolah sekolah.

Solusi yang bisa dilakukan adalah dengan memperbaiki karakter generai muda bangsa Indonesia yang kelak akan menjadi pemegang nasib bagsa. Sekolah sebagai Ujung tombak dari perubahan maka pendidikan  sangat relevan sebagai sarana  pencanangan pendidikan kaakter yang di usung oleh presiden dan Mentrinya.

SMP Negeri 1 Sragen sebagai sekolah rujukan dalam pendidikan karakter di Kabupaten Sragen harus bisa menjadi contoh bagi sekolah model yang berada di bawahnya.

Pentingnya peranan PAI dalam mensukseskan pendidikan karakter di SMP Negeri 1 Sragen.

Seumumnya pendidikan Agama Islam berisi tentang ketauhidan dan perbaikan akhlaq menuju akhlaq yang sempurna. Sebagaiman diungkap dalam hadits Rasululah, Innama Bu’its tu liutammima makarimal akhlaq: “ sesungguhnya aku diutus semata mata untuk menyempurnakan Akhlaq (mulia). Hal ini sangat relevan dengan pendidikan karakter yang dicanangkan oleh Presiden Jokowi dan Mentri Pendidikan Muhajir.

Macam macam pembiasaan yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Sragen: Usaha usaha yang dilakukan untuk suksesnya pendididkan karakter adalah melaui pembiasaan pembiasan. Pada dasarnya anak adalah kertas kosong yang putih bersih . Pembiasaan sebagai satu pemaksaan terhadap anak yang masih kosong secara konsep dalam hal karakter akan mendorong anak untuk melaksanakannya. Karena ada unsur pemaksaan, maka pada awalnya akan terasa berat yang secara otomatis akan menjadi sebuah kebiasaan. Dan kebiasaan yang sudah datanamkan sejak dini akan menjadi bagian dari karakter anak. Pembiasaan pembiasaan yang dilakukan di SMP Negeri 1 Sragen yang berkaitan dengan Pendidikan Agama Islam adala sebagai berikut:

Tadarus al Quran . Rutinitas harian membaca atau tadarus Al Quran dapat meningkatkan ketekunan anak.selain itu dengan membaca al quran anak terbiasa mendengar bacaan penuh hikmah.   Shalat Duha. Berfungsi membiasakan anaksenantiasa melakuka kebaikan ( ibadah) yang lebih dari yang ditentukan secara minimal. Shalat Dzuhur Berjamaah. Sholat berjamaah menumbuhkan sifat disiplin, kerja sama dan kebersamaan serta persaudaraan.Gerakan SMP N 1 Peduli. Menumbuhkan sikap peduli atau empati terhadap orang lain yang membutuhkan atau mengalami musibah. Gerakan infaq Harian. Fungsinya hampir sama dengan gerakan SMP N 1 Peduli, yaitu rasa empati dan peduli pada sesama., Tahfidz Al quran. Berfungsi meningkatkan kedisiplinan anak, mematok target dan latihan ketekunan, Buku kegiatan ibadah harian dan catatan akhlaq mulia. Berfungsi mengontrol tingkah laku anak dan ibadah anak sehari hari. Anak dilatih selalu evalusasi diri sehingga semakin hari semakin berkembang menuju kebaikan.

Haritsatui Fitriyah

Guru SMP Negeri 1 Sragen