Beranda Sekolah Hebat Opini Guru Pembinaan Kepala Sekolah, Tingkatkan Profesionalitas Guru SD

Pembinaan Kepala Sekolah, Tingkatkan Profesionalitas Guru SD

58
BERBAGI
Uripto, S.Pd Pengawas TK/SD PPK Bagelen Purworejo
Uripto, S.Pd Pengawas TK/SD PPK Bagelen Purworejo

Peran utama kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan adalah menciptakan situasi belajar mengajar sehingga guru-guru dapat mengajar dan murid-murid dapat belajar dengan baik. Kepala sekolah yang mampu menjalankan fungsi sebagai pendidik, manajer, administrator, supervisor, leader, inovator dan motivator dengan baik dapat dikatakan kepala sekolah memiliki kemampuan memimpin yang baik.

Dewasa ini yang sering kita sebut sebagai era globalisasi, institusi pendidikan formal mempunyai tugas penting untuk menyiapkan dan membentuk sumber daya manusia yang berkualitas. Guru sebagai tenaga profesionalisme memiliki peranan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap anak didiknya agar kelak dapat berguna bagi bangsa dan negara. Guru merupakan pilar utama demi mewujudkan tujuan “mencerdaskan kehidupan bangsa” dan mencapai pendidikan yang bermutu.

Profesionalisasi keguruan mengandung arti peningkatan segala daya dan usaha dalam rangka pencapaian secara optimal layanan yang akan diberikan kepada masyarakat. Sejalan dengan kebijakan otonomi daerah, beberapa daerah telah melakukan uji kompetensi guru, mereka melakukannya terutama untuk mengetahui kemampuan guru di daerahnya, untuk kenaikan pangkat dan jabatan, serta untuk mengangkat kepala sekolah dan wakil kepala sekolah.

Dari hasil uji kompetensi tersebut masih ditemukan permasalahan diantaranya, Pertama guru yang sudah lulus sertifikasi dan mendapatkan gelar guru profesional belum meningkatkan kinerjanya dan belum bisa merealisasikan gelarnya tersebut, kedua guru belum mengoptimalkan IT untuk mendukung kegiatan belajar dan masih menggunakan metode ceramah dan mencatat,dan ketiga kurangnya guru dalam melakukan perbaikan pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas dan perangkat pembelajaran seperti RPP, bahan ajar,media pembelajaran, dan instrumen evaluasi yang belum disusun dengan baik.

Berdasarkan kenyataan tersebut,maka terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan profesionalitas guru diantaranya dengan adanya pembinaan terhadap guru yang dilaksanakan secara teratur oleh kepala sekolah. Pembinaan yang dilakukan tersebut adalah pembinaan sebagai upaya kegiatan usaha terus menerus untuk memperbaiki, menyempurnakan, dan mengembangkan kemampuan, untuk mencapai tujuan keberhasilan pendidikan. Dengan pembinaan yang dilakukan secara bertahap dan terus menerus, maka guru-guru tersebut akan meningkatkan kemampuan profesionalnya sehingga mutu situasi belajar mengajar dapat ditingkatkan.

Penelitian tentang upaya pembinaan kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalitas guru di sekolah dasar juga dilakukan di Gugus Ontorejo Kecamatan Bagelen Kabupaten Purworejo. Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pembinaan yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalitas guru di SDN se-gugus Ontorejo Kecamatan Bagelen Kabupaten Purworejo, meliputi empat aspek yakni:aspek kelompok kerja guru, aspek supervisi, aspek seminar atau workshop, dan aspek pendidikan dan pelatihan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru SDN se-gugus Ontorejo Kecamatan Bagelen Kabupaten Purworejo dengan responden seluruh guru di SDN se-Gugus Ontorejo Kecamatan Bagelen Kabupaten Purworejo. Pengumpulan data menggunakan metode angket dan wawancara tidak terstruktur.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembinaan profesionalitas guru oleh kepala sekolah di SDN se-gugus Ontorejo Kecamatan Bagelen Kabupaten Purworejo dapat meningkatkan profesionalitas guru. Hal ini dikarenakan kepala sekolah rutin dalam melaksanakan pembinaan guru khususnya pembinaan melalui supervisi, serta memfasilitasi guru untuk berpartisipasi aktif dalam KKG, seminar atau workshop,dan pendidikan dan pelatihan.

Uripto, S.Pd
Pengawas TK/SD PPK Bagelen Purworejo

BERBAGI