Beranda Nasional Pemerintah Telah Siapkan 100 Rumah Sakit di Indonesia Tangani Corona

Pemerintah Telah Siapkan 100 Rumah Sakit di Indonesia Tangani Corona

46

JATENGPOS.CO.ID, JAKARTA – Pemerintah telah menyiapkan 100 rumah sakit di Indonesia dengan standar pelayanan dan fasilitas sesuai yang disyaratkan WHO untuk menangani kasus virus corona.

Presiden Joko Widodo saat mengumumkan kasus corona pertama di Indonesia yang dilakukan di Beranda Istana Merdeka Jakarta, Senin, mengatakan sejak awal pemerintah telah benar-benar mempersiapkan.

“Persiapan misalnya rumah sakit lebih dari 100 rumah sakit yang siap dengan isolasi mengenai virus corona dengan standar isolasi yang baik,” katanya,

Presiden juga menegaskan bahwa Pemerintah Indonesia sudah memiliki peralatan untuk penanganan sesuai dengan standar internasional.

“Kita juga memiliki persiapan untuk reagen yang cukup. Kita memiliki tim gabungan yang ini tidak pernah saya sampaikan, tim gabungan TNI/Polri dan sipil, dalam penanganan ini,” kata Presiden.

Tak hanya itu, Pemerintah Indonesia ditegaskan Presiden Jokowi juga telah memiliki prosedur standar operasi yang telah diharmonisasi dan sama dengan standar internasional.

“Kita juga memiliki anggaran, anggarannya ada dan ini juga diprioritaskan untuk menangani ini. Karena kalau kita tidak serius untuk menangani ini kalau dianggap tidak serius ini sangat berbahaya karena memang penyakit ini perlu kita waspadai dan perlu kita hati-hati,” kata Presiden.

Pemerintah Indonesia juga membantah telah menyembunyikan kasus corona sebagaimana banyak dituduhkan berbagai pihak selama ini. (fid/ant)