Beranda Jateng Pemerintahan Desa Harus Transparan

Pemerintahan Desa Harus Transparan

Cakades Barukan Catur Narwanto

109
BERBAGI
UNTUK PERUBAHAN : Cakades Barukan Catur Narwanto ( depan tengah) didampingi tim pemenangan siap membawa perubaha Desa Barukan ke arah lebih baik. ( foto : dekan bawono/ jateng pos).
UNTUK PERUBAHAN : Cakades Barukan Catur Narwanto ( depan tengah) didampingi tim pemenangan siap membawa perubaha Desa Barukan ke arah lebih baik. ( foto : dekan bawono/ jateng pos).

JATENPOS.CO.ID, TENGARAN – Bila masyarakat memberi amanah kepadanya, calon kepala desa (Cakades) Barukan, Catur Narwanto siap untuk menyelenggarakan pemerintahan desa yang bersih dan transparan yang berpihak kepada kepentingan masyarakat.

          “ Kami mendapat dorongan dari masyarakat untuk melakukan perubahan di Desa Barukan. Karena selama ini ada beberapa hal yang kami nilai tidak trasparan. Dan itu masyarakat harus tahu dan harus berani berubah untuk Desa Barukan yang lebih baik lagi,” ujar Sutarso Ketua Tim Pemenangan Catur Narwanto, Senin kemarin.

          Dikatakannya, Cakades Catur siap memberdayakan pembangunan fisik dan non fisik di Desa Barukan dan hal ini bukan sekedar janji. “ Pemerintahan desa sebelumnya, kebijakan fisik dalam hal pembangunan yang diambil banyak menimbulkan gap-gap ( perselisihan) di masyarakat. Masyarakat keberatan namun tetap dipaksakan,” katanya. Untuk Catur Narwanto dalam visi misinya siap melakukan pembangunan atas kehendak dan kebutuhan masyarakat.

          Untuk pembangunan non fisik, lanjut Sutarso, harus dimulai dari anak-anak atau generasi muda. Semisal pengembangan SDM dan pembangunan spiritual yang saat ini belum ada perhatian yang signifikan dari pemerintah desa. Semisal terhadap pengembagan TPA di Desa Barukan atau agenda-agenda pengajian rutin, remaja masjid dan sebagainya.” Demikian juga Karang Taruna di Desa Barukan ini juga tidak jelas, karena selama ini belum ada perhatian khusus dari pemerintah desa, sehingga tidak kompak. Sehingga dalam visi misi kami, akan menyisihkan dana desa untuk pengembangan non fisik,” tandasnya.

Catur Narwanto miliki visi untuk mengakomodir para pemuda mulai dari lingkup RT, dusun dan desa, di Desa Barukan untuk bersama-sama mengembangkan potensi yang ada. Semisal kesenian dan olah raga. “ Karena selama ini tidak  ada perhatian untuk pengembangan kesenian dan olah raga. Dan kami yakin anak muda ingin sekali potensi kesenian dan olah raga itu dikembangkan. Dan bila hal ini dikembangkan, maka para pemuda akan mengarah ke hal-hal positif,” imbuhnya. Sutarso juga siap bersaing secara fair play dan akan selalu mentaati aturan main yang ada dan tidak melakukan pelanggaran.

Sementara Cakades Barukan Catur Narwanto menegaskan, bila diberi amanat oleh masyarakat, dirinya siap  untuk menyelenggarakan pemerintahan desa yang transparan dan bisa dipertanggungjawabkan. “ Saya menduga selama  ini belum transparan. Penggunaan dana desa harus transparan demi kesejahteraan masyarakatnya,” tandas Cakades no urut 1 ini. (deb/bis)