Beranda Politik Pemilih Pemula Diajak Awasi Pilgub Jateng

Pemilih Pemula Diajak Awasi Pilgub Jateng

394
Ilustrasi.

JATENGPOS.CO.ID, BOYOLALI – Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Wonosegoro, mengajak pemilih pemula untuk berperan serta dalam pengawasan partisipatif Pemilu. Sosialisasi pengawasan partisipatif dilakukan di dua sekolah yakni Madrasah Aliyah (MA) Darussalam, Desa Bandung dan SMA Negeri 1 wonosegoro.

Materi yang dipaparkan diantaranya, pencegahan dan pelanggaran Pemilu. Para peserta dari kalangan pelajar pemilih pemula ini tampak antusias mengikutinya.

Dengan mengetahui tentang informasi Pemilu, para pelajar diharapkan mampu menjadi pendorong dan menjadi lokomotif pengawasan partisipatif. Sehingga kualitas di setiap Pemilu digelar benar-benar sesuai harapan.

Komisioner Panwascam Wonosegoro Bidang SDM dan Bubungan Antar Lembaga, Fauziah Nuraini Siregar, mengatakan sosialisasi pengawasan partisipatif bagi pemilih pemula akan terus diadakan hingga sebelum pemunggutan suara Pilgub Jateng 2018 digelar.

“Dari sosialiasi ini diharapkan juga masyarakat lebih mengetahui upaya pencegahan pelanggaran Pemilu sejak dini. Bersama rakyat awasi Pemilu, bersama Bawaslu tegakkan keadilan Pemilu,” ujarnya Senin (27/11).

Menurut Fauziah, wilayah Wonosegoro cukup luas, sehingga kinerja Panwascan harus didukung oleh semua pihak. Maka, semua lapisan masyarakat diharapkan ikut berpatisipasi dalam pengawasan Pilgub mendatang.

“Karena jumlah pengawas terbatas. Jika ada indikasi terjadi pelanggaran, laporkan dan segera akan ditindaklanjuti,” tandasnya. (aji/udi)