Beranda Sekolah Hebat Opini Guru Pemilihan Media dalam Pembelajaran Matematika

Pemilihan Media dalam Pembelajaran Matematika

11
BERBAGI
Emi Sulistyowati , S.Pd Guru SMPN I Kradenan ,Grobogan
Emi Sulistyowati , S.Pd Guru SMPN I Kradenan ,Grobogan

JATENGPOS.CO.ID, – Matematika merupakan salah satu cabang ilmu dari segala ilmu  yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari – hari.Kebanyakan siswa pelajaran matematika merupakan pelajaran yang menakutkan ( momok ) ,bahkan ada anak yang menghindar terhadap mata pelajaran tersebut .Ini merupakan tugas kita sebagai pendidik umumnya dan khususnya bagi guru matematika Bagaimana supaya matematika menjadi pelajaran yang disenangi bahkan menjadi pelajaran favorit bagi siswa . Tentunya itu semua tidak terlepas dari proses pembelajaran yang dirancang dengan baik oleh seorang guru ,guru perlu memperluas wawasan tentang berbagai pendekatan, model , metode maupun strategi pembelajaran  . Pembelajaran perlu dibuat agar siswa tertarik dan  dapat membangun pengetahuannya sehingga pembelajaran dapat berpusat pada siswa . Oleh sebab itu guru perlu mencari cara lain dalam mengajar yang lebih efektif . salah satunya dengan pemilihan media yang tepat .

Media  (dalam hal ini alat peraga matematika ) merupakan benda fisik yang dapat menjadi penghubung komunikasi dari sumber  kepada orang lain yang melihat ,membaca , atau menggunakannya.untuk mendukung proses belajar guna mencapai tujuan belajar.Dalam konteks pembelajaran matematika, alat peraga matematika adalah alat memperagakan konsep , prinsip matematika ,dan sebagai alat manipulatif karena dapat dioperasikan (dimanipulasi ) menggunakan tangan untuk memperagakan suatu hal .

Penggunaan alat peraga tidak selalu membuahkan hasil belajar yang lebih baik ,lebih menarik dan lebih efektif bahkan ada kemungkinan menyebabkan hal yang kontra – produktif yaitu menyebabkan kegagalan siswa dalam mencapai tujuan belajar.

Ketidaksiapan guru dalam memfasilitasi penggunaan alat peraga juga dapat menyebabkan kegagalan dalam mencapai tujuan pembelajaran .Faktor dari luar juga dapat berpengaruh terhadap sukses tidaknya penggunaan media pembelajaran . Penggunaan alat peraga dalam pembelajaran perlu disertai pemahaman hubungan antara benda tersebut dengan ide – ide matematis yang digambarkannya .Tidak semua materi matematika memerlukan alat peraga , ada beberapa kreteria  yang harus dipertimbangkan dalam memilih media pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat tercapai .Diantaranya secara jelas menunjukkan konsep matematika, memberikan motivasi siswa, dapat bermanfaat , bentuk dan warna menarik ,sederhana dan mudah dikelola , tidak terlalu mahal serta mudah dalam pemeliharaannya .

Untuk menghindari kegagalan dalam penggunaan alat peraga seorang guru perlu melakukan pemilihan media secara tepat. Setiap  media yang berbeda dapat menimbulkan persepsi  yang berbeda .Guru  perlu menyediakan panduan pembelajaran dan umpan balik serta bahan ajar dengan menggunakan berbagai media agar dapat memberikan situasi stimulus yang efektif  . Panduan tersebut dapat berupa rencana pembelajaran , media yang akan digunakan juga perlu disiapkan dan dipilih agar  menghasilkan pembelajaran yang efektif .

Dalam memfasilitasi pembelajaran guru seharusnya memberikan petunjuk yang jelas tentang hal yang akan dilakukan siswa . Siswa mugkin akan mendapatkan pemahaman yang berbeda  – beda jika petunjuk yang diberikan guru tidak jelas.Oleh karena itu guru perlu menjelaskan langkah – langkah yang akan dilakukan selama pembelajaran . Hal ini dimaksudkan agar siswa memahami tugas dan tanggung jawab dalam membangun pengetahuan mereka ketika pembelajaran berlangsung. Selain secara lisan akan lebih baik petunjuk guru dapat diberikan secara tertulis baik masing – masing siswa maupun kelompok . Dengan demikian pembelajaran matematika akan mengasyikkan ,siswa dengan mudah menerima ,memahami materi yang disampaikan guru sehingga kegiatan pembelajaran dapat berjalan sesuai dengan tujuan yang diharapkan .

Emi Sulistyowati , S.Pd

Guru SMPN I Kradenan ,Grobogan

 

BERBAGI