Beranda Jateng Pantura Barat Pemkab Batang Dapat Alokasi Tambahan Pupuk Bersubsidi 2.600 Ton

Pemkab Batang Dapat Alokasi Tambahan Pupuk Bersubsidi 2.600 Ton

14

JATENGPOS.CO.ID, BATANG – Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, mendapat alokasi tambahan pupuk bersubsidi 2.600 ton atau melebihi dari usulan yang diajukan kepada pemerintah pusat sebesar 500 ton.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian (Dispaperta) Kabupaten Batang Heru Yuwono di Batang, Kamis, mengatakan bahwa saat ini petani masih terlalu nyaman menggunakan pupuk kimia meski pihaknya mengarahkan agar mereka memakai pupuk organik.

“Masih sedikit petani berpikiran menggunakan pupuk organik padahal pupuk tersebut baik untuk kesuburan tanah,” katanya.

Di sisi lain, Heru mengatakan bahwa pihaknya sudah menyelesaikan salah satu pekerjaan rumah dari pemerintah pusat yaitu program kartu tani.

“Kami sudah 100 persen (pemberian kartu tani) sejak April 2020. Jika pun ada tambahan (jumlah penerima kartu tani) mereka yang dulu belum didaftar,” katanya.

Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Dinas Pangan dan Pertanian Karwati mengatakan pemkab mendapat alokasi tambahan pupuk urea sebanyak 2.600 ton dari 500 ton usulan yang diajukan.

Namun, kata dia, untuk tambahan pupuk SP-36 yang diusulkan sebanyak usulan 1.250 ton hanya mendapat alokasi 571 ton dan tambahan 400 ton pupuk ZA dari pengajuan 750 ton.

“Adapun, untuk pupuk NPK dan organik, kami tidak meminta tambahan pada pemerintah. Alokasi pupuk tersebut diperkirakan tidak seluruhnya bakal terserap, khususnya urea yang jauh melebihi usulan, apalagi waktu masa tanam hanya tinggal tiga bulan,” katanya. (fid/ant)