Beranda Edukasi Pemkot Magelang Beri Seragam Gratis Untuk Siswa SD & SMP

Pemkot Magelang Beri Seragam Gratis Untuk Siswa SD & SMP

81

JATENGPOS.CO.ID, Magelang – Pemerintah Kota Magelang akan memberikan seragam sekolah secara gratis kepada 5.900 siswa baru tingkat SD dan SMP di daerah itu pada Tahun Ajaran 2019/2020.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang Sahid di Magelang, Selasa mengatakan para siswa itu tersebar di 100 sekolah yang terdiri atas 23 SD dan 77 SMP.

Tahun ini, kata dia, dalam keterangan tertulis Humas Pemkot Magelang, merupakan tahun ketiga pelaksanaan program seragam gratis dengan biaya bersumber dari APBD.

Ia mengatakan rencananya pemberian seragam sekolah secara gratis itu pada September mendatang.

“Pemerintah membagikan seragam gratis ini untuk meringankan beban para orang tua siswa, sekaligus upaya mengentaskan kemiskinan,” ujarnya.

Sahid menjelaskan siswa baru penerima seragam gratis terdiri atas 2.400 siswa SD/MI atau sederajat dan 3.500 siswa SMP/MTs atau sederajat.

Ia mengatakan penerima seragam gratis itu bukan hanya para siswa dari sekolah negeri, akan tetapi juga sekolah swasta.

“Setiap siswa baru nantinya mendapatkan dua pasang seragam (seragam nasional dan pramuka) dan sepasang sepatu. Seragam masih dalam proses pembuatan yang dibagi dalam delapan tim,” katanya.

Ia mengakui sempat ada kendala dalam pembuatan seragam tersebut, antara lain proses lelang yang cukup lama, pengukuran baju, dan siswa tidak hadir sehingga petugas harus bolak-balik ke sekolah.

“Harapan kami memang saat siswa baru mulai pelajaran, seragam sudah diserahkan. Tapi, ternyata tidak tepat waktu, karena kendala-kendala tersebut. Kami harap ke depan bisa sesuai target, jadi saat masuk sekolah siswa baru sudah memakai seragam gratis dari pemerintah,” ujar dia.

Pemkot Magelang juga membagikan seragam gratis untuk siswa baru Tahun Ajaran 2018/2019. Pengadaan seragam sekolah dengan dana dari Program Bantuan Operasional Sekolah Daerah (Bosda) itu diberikan kepada 2.311 siswa SD/MI dan 3.552 siswa SMP/MTs negeri dan swasta se-Kota Magelang. (fid/ant)