Beranda Jateng Pantura Barat Pemkot Pekalongan Fasilitasi Tes Swab Gratis Untuk Warga

Pemkot Pekalongan Fasilitasi Tes Swab Gratis Untuk Warga

17
Petugas Kesehatan sedang melakukan tes usap pada warga di Kecamatan Pekalongan Utara. Tes usap gratis tersebut difasilitasi oleh Pemkot Kota Pekalongan.

JATENGPOS.CO.ID, PEKALONGAN – Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, siap memfasilitasi penyelenggaraan tes usap (swab) pada warga secara gratis sebagai upaya menekan laju penyebaran COVID-19 di daerah itu.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekalongan Slamet Budiyanto di Pekalongan, Rabu, mengatakan bahwa pemkot akan terus secara masif menyelenggarakan tes usap gratis kepada masyarakat dengan harapan dapat mencegah laju penyebaran COVID-19.

“Kami tidak hanya menggalakkan tes usap pada aparatur sipil negara (ASN) yang sudah dilakukan belum lama ini namun juga pada masyarakat. Hari ini (Rabu, red.) kita selenggarakan tes usap gratis untuk warga Kecamatan Pekalongan Utara,” katanya.

Budi berpesan pada masyarakat mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, sering mencuci tangan menggunakan sabun, jaga jarak, dan berperilaku hidup sehat.

Camat Pekalongan Utara Camat Pekalongan Utara Sri Karyati mengatakan mekanisme pendaftaran yang harus dilakukan masyarakat untuk mengikuti tes usap adalah melampirkan dokumen data diri seperti fotokopi kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu keluarga (KK).

Mekanisme untuk mengikuti tes usap ini, kata dia, sudah disampaikan pada lurah agar memberikan informasi pada warganya melalui ketua rukun tetangga (RT) atau pun rukun warga (RW).

“Jadi warga yang berminat melakukan tes usap akan didata dari kelurahannya masing-masing dan selanjutnya diusulkan pada dinas kesehatan (dinkes),” katanya.

Ia menambahkan setelah data warga diinput oleh dinkes maka mereka tingga menunggu apakah tes usap akan diselenggarakan di masing-masing kelurahan, secara kolektif di kecamatan, dan atau dilaksanakan di Rumah Sakit Hermina. (fid/ant)