Beranda Jateng Pantura Barat Pemudik Mulai Padati Tol Fungsional Batang-Semarang

Pemudik Mulai Padati Tol Fungsional Batang-Semarang

37
BERBAGI
Mobil polisi mengawal sejumlah kendaraan saat melewati jalan tol fungsional Batang-Semarang, di Semarang, Jawa Tengah, Jumat (8/6) (foto: Antara)

JATENGPOS.CO.ID, KENDAL – Jalur jalan pantura maupun jalan tol fungsional Semarang Batang dibuka sedikit demi sedikit mulai dipadati para pemudik dari arah barat menuju ke timur sejak Jumat (8/6) pagi. Hal itu terlihat, puluhan kendaraan roda empat saat melalui pintu Weleri Exit.

Kapolres Kendal AKBP Adiwijaya SIK disela-sela memantau langsung di pos Larasati Weleri Exit mengatakan mulai pagi hingga siang hari terjadi lonjakan peningkatan volume kendaraan yang melintas di jalur tol fungsional ini.

“Meski lebaran masih sepekan lagi, namun tidak menutup kemungkinan jelang lbur panjang mulai hari ini sudah mulai terlihat. Pemudik dari arah barat terlihat sudah banyak memdati jalur ini, makanya kita berlakukan sistem contra flow agar arus lalu lintas lancar,” katanya.

Kapolres menghimbau agar pemudik harus tetap waspada dan hati-hati dengan tetap memperhatikan semua rambu-rambu dan marka lalu lintas yang ada. “Keluarga dirumah menanti, perhatikan rambu-rambu lalin agar tetap selamat sampai tujuan,” pintanya.

Salah seorang pemudik asal Bogor, Rofiudin (42) mengatakan sejak keluar dari Brebes menuju arah tol Pemalang-Batang menuju Semarang perjalanan lancar tidak ada kendala. “Alhamdulilah masih lancar tidak ada kendala apapun, hanya saja dengan kecepatan sedang,” ungkapnya.

Dia menambahkan saat melintasi tol trans Jawa dirinya tidak mengalami kebingungan sebab banyak petugas yang memberi arahan petunjuk selama melintas jalan tol fungsional ini. Melalui tol fungsional, menurutnya lebih cepat dibandingkan lewat jalan raya pantura.

“Perjalanan dari Brebes hingga Kendal hanya kita tempuh dengan waktu sekitar 2,5 jam. Namun, saat melintas di wilayah Gringsing-Batang harus antri satu persatu saat keluar ke jalan Pantura menuju ke Pos Larasati arah masuk tol Weleri ke Semarang,” imbuhnya.

Diperkirakan arus lalu lintas yang melintasi jalan tol fungsional akan terus mengalami peningkatan volume kendaraan. Sebab, mendekati H-7 pemudik memanfaat waktu libur untuk mudik ke kampung halaman merayakan lebaran bersama keluarga.

Pihak kepolisian juga berupaya dengan menerapkan Cara Bertindak (CB) satu yakni menerapkan Contra flow sepanjang 500 meter. Tidak menutup kemungkinan juga akan menerapkan CB dua agar arus normal tanpa ada Contra flow. (hfd/via)

BERBAGI