Beranda Ekonomi Pendidikan Vokasi Diminta Siapkan SDM Hadapi Revolusi Industri 4.0

Pendidikan Vokasi Diminta Siapkan SDM Hadapi Revolusi Industri 4.0

93
BERBAGI

JATENGPOS.CO.ID, JAKARTA — Pendidikan vokasi atau kejuruan diminta mempersiapkan diri menyongsong pergeseran industri 3.0 menuju Revolusi Industri 4.0 dengan menyiapkan sumber daya manusia (SDM) berkualitas.

“Sistem pendidikan vokasi di tengah persaingan global, itu menjadi short cut (terobosan) dari pendidikan formal. Pendidikan vokasional harus menyiapkan SDM agar industri cepat switching (bergeser) ke 4.0 ini,” kata Staf Ahli Menteri Perindustrian bidang Keuangan dan Struktur Industri Soerjono melalui keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Dalam Rapat Kerja Nasional LP3I yang bertema “The Vocational Energy of LP3I for Industry 4.0” di Gedung Pusdiklat Kepegawain Kemendikbud, Depok Jawa Barat, dia menegaskan salah satu hal yang harus dipersiapkan menuju Industri 4.0 adalah pendidikan yang tepat agar SDM Indonesia tidak ketinggalan.

Menurut dia, LP3I mempunyai tantangan besar dalam mencetak SDM yang berdaya saing dalam industri 4.0. Namun, pihaknya mengharapkan lembaga pendidikan seperti LP3I akan semakin banyak.

Direktur Bina Produktivitas Ditjen Pelatihan dan Produktivitas Kemenaker M Zuhri Bahri menambahkan peringkat produktivitas SDM di Indonesia menduduki nomor 4 versi World Economic Forum (WEF).

“Peningkatan SDM ngga hanya di gantungkan pada pendidikan tapi pelatihan juga,” ujarnya.(fid/ant)

BERBAGI