Beranda Sekolah Hebat Opini Guru Pengaruh Hp Terhadap Prestasi Belajar Siswa

Pengaruh Hp Terhadap Prestasi Belajar Siswa

58
BERBAGI
Hesti Rachmawati, S.Pd Guru SDN Jirapan 4 Masaran Sragen
Hesti Rachmawati, S.Pd Guru SDN Jirapan 4 Masaran Sragen

JATENGPOS.CO.ID, – Di zaman serba teknologi seperti sekarang ini, handphone (HP) atau bisa di sebut ponsel bukanlah barang asing atau  barang mewah lagi. Semua orang bisa memiliki alat komunikasi ini dengan mudah.Bahkan, anak-anak kecilpun sudah banyak yang bermain handphone, anak-anak ini sebagai siswa di sekolah memiliki kewajiban untuk belajar. Lalu apa pengaruh handphone (HP) terhadap prestasi belajar siswa khususnya SD?

                   Dengan hanphone yang melalui fitur-fitur lengkap membuat anak-anak mampu mengakses informasi yang ada dengan mudah. Terkadang orang-orang atau lebih tepatnya anak-anak SD dan remaja zaman sekarang bukan untuk belajar walupun ada sebagian untuk belajar, handphone hanya di gunakan untuk pamer sana sini dan untuk bermain game online bersama teman-temanya.

                   Handphone (HP) juga bisa di sebut sebagai komputer kecil yang bisa di pakai kemana-mana yang praktis untuk di bawa. Zaman sekarang komputer sudah jarang di pakai untuk belajar dan bermain, saat ini handphone semakin merajalela bukan saja di Indonesia tetapi di seluruh dunia. Handphone juga tidak bisa terlepas dari internet, sarana yang bisadiandalkan untuk browser, misalkan mencari rumus matematika  atau tugas apapun itu.

                   Handphone adalah sarana informasi yang sangat baik walaupun terkadang ada informasi yang salah atau kurang tepat. Maka dari itu kita harus menggunakan handphone dengan bijak, apalagi zaman sekarang sudah ada teknologi canggihserta disamping adanya social media yang semakin merajalela, bisa saja handphone yang semestinya bisa di jadikan alat untuk belajar beralih fungsi untuk bermain game dan social media. Bahkan hanphone sekarang bukan hanya sekedar kebutuhan.

                   Handphone sekarang di jadikan gaya hidup, jika tidak punya hanphone dibilang tidak gaul. Hal ini dapat mempengaruhi mental anak, sehingga mereka meminta kepada orang tua untuk membelikannya. Contoh rendahnya mutu hasil belajar siswa, di lihat dari nilai ujian nasional untuk beberapa tahun ini sangat rendah. Mereka lebih asyik bermain handphone atau bermain game online dari pada belajar.  Dari  yang saya dapatkan dari internet berdasarkan ahli sementara ( Achmad Lutfi, 2002:35 ) mengatakan, rendahnya mutu hasil belajar siswa di sebabkan oleh keuletan siswa pada umumnya rendah.

                   Dengan begitu adanya pengetahuan siswa mengenai efek penggunaan hanphone sangat membantu siswa dalam menggunakan handphone. Hal ini dikarenakan semakin sering siswa menggunakan  handphone untuk hal-hal yang kurang bermanfaat, maka radiasi yang di pancarkan oleh handphone ke dalam tubuh semakin meningkat dan dapat menyebabkan perubahan-perubahan pada tubuh mulai dari tingkat molekuler, susunan atom – atomnya bahkan sampai pada perubahan system yang ada pada tubuh seperti system hormonal, enzim dan metabolism tubuh sampai perubahan struktur DNA.

                   Untuk tingkat molekuler misalnya dapat menimbukan gangguan pada system syaraf pusat, gangguan pada pengaturan fungsi kelenjar buntu oleh syaraf dan perubahan permeabilitas pembuluh darah yang pada akhirnya mempengaruhi kesehatan dan berdampak pada prestasi belajar.

                   Jadi kesimpulan akhirnya adalah handphone ( HP ) berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa, maka dari itu  untuk orang tua lebih memperhatikan anak-anaknya, memberikan waktu-waktu tertentu untuk bermain handphone. Misalkan seperti sedang kumpul dengan keluarga, makan bersama, jangan biarkan anak anda sibuk sendiri dengan handphonenya. Ajaklah anak anda untuk berbicara tentang sekolahnya, teman-temannya bahkan tentang gurunya bagaimana, atau mungkin hal-hal lain yang perlu dibicarakan.

Hesti Rachmawati, S.Pd

Guru SDN Jirapan 4 Masaran

Sragen

BERBAGI