Beranda Jateng Pengaruh Teknologi Turunkan Pengiriman Surat Lewat Pos

Pengaruh Teknologi Turunkan Pengiriman Surat Lewat Pos

BERBAGI

JATENGPOS.CO.ID, SOLO — Pengaruh teknologi menurunkan volume pengiriman surat pribadi yang dikirimkan melalui Kantor Pos, kata Manajer Penjualan Kantor Pos Besar Gladak Solo, Dwi Agus Wijanarko.

“Kalau untuk penurunannya mungkin hampir 80 persen,” katanya di Solo, Senin.

Menurut dia, penurunan tersebut terjadi karena masyarakat lebih memilih menggunakan telepon seluler untuk berkomunikasi karena lebih cepat.

Ia mengatakan saat ini hanya beberapa daerah di bawah Kantor Pos Besar Gladak yang masih menggunakan surat-menyurat untuk berkomunikasi, yaitu daerah yang belum terjangkau oleh sinyal telepon.

“Ada daerah di Kabupaten Sragen, apalagi di sana juga banyak warganya yang menjadi TKI di luar negeri. Jadi surat-menyurat masih sangat aktif,” katanya.

Ia mengatakan saat ini surat-menyurat didominasi oleh pengiriman perusahaan, di antaranya tagihan, kebutuhan di bidang perbankan, dan periklanan.

Meski demikian, pihaknya tidak memiliki data untuk rincian pengiriman surat pribadi dan dokumen yang merupakan pengiriman perusahaan.

Berdasarkan data terakhir, dikatakannya, total pengiriman pada bulan September 2018 sebanyak 79.413 kiriman.

“Untuk surat kilat khusus ada 15.502 kiriman, pos ekspres dokumen sebanyak 2.076 kiriman, dan EMS dokumen sebanyak 61. Kami memang tidak memisahkan kiriman dalam bentuk surat pribadi atau perusahaan, tetapi lebih ke jenis pengirimannya, seperti pengiriman kilat khusus atau biasa,” katanya. (fid/ant)

BERBAGI