Beranda Sekolah Hebat Opini Guru Penilaian Berbasis Android

Penilaian Berbasis Android

277
Hendri Setiyawan, S.Pd SDN Joho 02 Kec. Mojolaban Kab.Sukoharjo
Hendri Setiyawan, S.Pd SDN Joho 02 Kec. Mojolaban Kab.Sukoharjo

Perkembangan zaman sudah mulai terjadi disemua lini termasuk bidang teknologi dan informasi. Adanya informasi sangat berperan penting dalam segala aspek kehidupan, mulai dari dunia kerja, pendidikan, hiburan, periklanan, dan lain-lain. Apalagi di zaman sekarang hampir semua orang sudah memiliki smartphone. Smartphone sudah seperti kebutuhan primer di zaman sekarang, setiap informasi akan mudah di dapat dengan adanya smartphone tanpa terbatas oleh ruang dan waktu.

Akses informasi yang cepat dan adanya smartphone sangat mempengaruhi dunia pendidikan. Peserta didik sudah banyak yang memiliki smartphone, dan mereka pandai mengopeasikannya. Mereka lebih senang bermain game atau permainan yang ada di smartphone daripada bermain dengan temannya. Guru harus mampu mengubah pola berpikir peserta didik dalam memanfaatkan smarphone untuk belajar, bukan hanya untuk bermain.

Smartphone banyak menggunakan sistem operasi android. Android adalah sistem operasi mobile menggunakan versi modifikasi dari kernel Linux. Pada awalnya dikembangkan oleh Android Inc, sebuah perusahan yang kemudian dibeli oleh Google dan akhir-akhir ini oleh Open Handset Allience.

Pemerintah sudah mulai membantu sekolah dalam pengadaan sarana dan prasarana pendukung kemajuan teknologi. Pemerintah memberikan bantuan berupa tablet kepada sekolah-sekolah. Bantuan tablet ini sangat diperlukan sekolah dalam menyosong era industri 4.0. Selain untuk pembelajaran tablet ini juga bisa dimanfaatkan untuk penilaian berbasis online.

Penilaian berbasis android yang sering dipakai di SD Negeri Joho 02 Kecamatan Mojolaban Kabupaten Sukoharjo adalah Quizizz. Quizizz adalah sebuah web tool untuk permainan interaktif yang dapat digunakan untuk pembelajaran  di kelas maupun untuk pekerjaan rumah.

Cara membuat quizizz adalah ; (1) Masuk ke www.quizizz.com lalu klik “Sign Up”, (2) Pilih “sign up with email” atau “sign up with google”, (3) Klik “Teacher” jika ingin login sebagai guru, (4) Masukan identitas (Username, email, dan password) klik continue, (5) Jika sudah masuk, buatlah kuis dengan cara mengklik “create new quiz’ pada bagian kiri atas, (6) Akan muncul tampilan Let’s create a quiz “Masukan nama quiz, lalu klik save”, (7) Akan muncul tampilan selanjutnya lalu klik “Create new question”, (8) Masukan pertanyaan pada kolom “write your question here” kemudian masukan opsi jawaban pada kolom “answer option 1, aswer option 2, dan seterusnya, (9) Beri tanda centang pada bagian kolom jawaban yang benar, atur durasi pengerjaan dalam soal, lalu klik “save”, (10) Jika sudah menulis semua kuis, klik “Finish Quiz”, (11) Maka akan muncul tampilan quiz detail (berisi kelas dan mata pelajaran) kemudian klik “save detail, (12) Akan muncul tampilan selanjutnya pilih “homework” jika ingin digunakan untuk PR, atur deadline pengerjaan (atur tanggal dan waktu) dan pilih “Play Live” jika ingin digunakan saat ini, (13) Akan muncul tampilan selanjutnya yaitu kode yang digunaka untuk masuk dalam pengerjaan soal.

Cara pengerjaan soal adalah (1) Peserta didik membuka link https://join.quizizz.com, (2) Peserta didik memasukan 6 digit kode yang diberikan guru lalu klik “proses”, (3) peserta didik memasukan nama masing-masing kemudian klik “Start”, (4) Peserta didik mengerjakan soal.

Game ini bisa dijadikan alternatif untuk melakukan penilaian berbasis android.  Game ini bisa digunakan untuk evaluasi pilihan ganda. Guru dan peserta didik langsung bisa melihat hasilnya dan analisisnya secara cepat.

Hendri Setiyawan, S.Pd

SDN Joho 02 Kec. Mojolaban Kab.Sukoharjo