Beranda Ekonomi Penjualan Elektronik Jelang Lebaran Melonjak

Penjualan Elektronik Jelang Lebaran Melonjak

147

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Menjelang Lebaran, vendor elektronik ramai-ramai menggenjot penjualannya. Mengingat potensi peningkatan penjualan pada dua minggu sebelum Lebaran dinilai sangat besar. Salah satu kegiatan yang dilakukan dengan menggelar pameran bertajuk Ramadan Great Sale yang diadakan Modern Elektronik di Java Mall Semarang, 16 Mei hingga 2 Juni.

Indrawati, Direktur Modern Elektronik Semarang mengatakan, peningkatan penjualan elektronik pada menjelang Lebaran bisa mencapai 200%. Produk yang banyak diminta pasar diantaranya mesin cuci, kulkas, televisi dan produk rumah tangga lainnya.

“Pameran ini kesempatan yang bagus bagi konsumen untuk belanja elektronik, karena banyak keuntungan yang bisa didapatkan konsumen dari mulai diskon, cashback, hadiah langsung, hadiah paket umroh hingga trade in,” ujarnya, Kamis (16/5) kemarin.

Menurutnya, Lebaran merupakan momentum masyarakat untuk berkumpul dengan kerabat dan keluarganya. Maka itu biasanya dipersiapkan dengan melengkapi kebutuhan rumah tangganya akan berlebaran dengan nyaman.

Bagi konsumen yang yang ingin melakukan belanja dengan kredit, selama pameran juga dilayani pembelian kredit melalui beberapa lembaga pembiayaan seperti Adira, Spektra. Begitu juga melalui kartu debit perbankaneperti BNI, BCA, dan lainnya. Mengantisipasi peningkatan penjualan, pihaknya sudah mulai melakukan stok barang sejak menjelang awal puasa kemarin.

“Sekarang mulai nyetok karena seminggu sebelum dan sesudah lebaran tidak ada angkutan,” tuturnya.

Didit Murtopo, Sales Sharp Elektronik Semarang mengemukakan, pihaknya berharap banyak pada pameran di Java Mall ini. Beberapa produk yang diunggulkan dalam pameran diantaranya kulas terbaru, mesin cuci, dan produk lainnya.

“Target kita selama pameran minimal bisa mencapai Rp2 miliar. untuk produk yang bayak diminta pasar saat ini kulkas. Kulkas ini demand sangat tinggi, sampai barang kekurangan,” imbuhnya.

Menurutnya, perekonomian masyarakat yang membaik belakangan ini ikut mendorong peningkatan daya beli konsumen terhadap produk elektronik.

“Peningkatan penjualan yang paling terasa nanti saat dua minggu menjelang Lebaran,” tandasnya.

Yoyok, Branch Manager Semarang juga berharap pameran bisa mendongkrak penjualan selama puasa dan lebaran. Ditargetkan selama pameran penjualan mencapai Rp1,2 miliar.

“Kita bahkan menurunkan tim yang handal selama pameran,” tambahnya. (aln/mar)