Beranda Travelling Penjualan Elektronik Optimis Tumbuh 20%

Penjualan Elektronik Optimis Tumbuh 20%

56
BERBAGI
PAMERAN HOMETECH : Sejumlah konsumen memadati pameran HomeTech 2018 yang digelar Superstore Global Elektronik Semarang. FOTO : ANING KARINDRA/JATENG POS
PAMERAN HOMETECH : Sejumlah konsumen memadati pameran HomeTech 2018 yang digelar Superstore Global Elektronik Semarang. FOTO : ANING KARINDRA/JATENG POS

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG– Potensi penjualan elektronik pada tahun ini dinilai cukup besar dan luas. Untuk itu, kalangan pengusaha ritel elektronik optimis hingga akhir tahun mampu mencatatkan pertumbuhan antara 17-20% dibandingkan tahun lalu.

Managing Director Global Elektronik Semarang, Gouw Andy Siswanto mengatakan, kebutuhan perangkat elektronik tidak pernah ada habisnya. Selalu saja ada produk perangkat elektronik baru yang datang setiap tahunnya, di tunjang kondisi perekonomian, baik global dan nasional di bulan Desember ini yang membaik.

“Masyarakat banyak belanja perangkat elektronik dalam rangka menyambut Natal & Tahun Baru 2019,” katanya.

Bahkan, lanjutnya, untuk rumah tangga sendiri, lazim ditemui satu keluarga memiliki lebih dari satu TV, terlepas dari apa pun jenis dari TV tersebut. Adapun televisi sendiri mampu memberikan kontribusi sebesar 30% dari total penjualan elektronik, disusul kulkas 20%, mesin cuci 15%, serta AC 25%.

“Momen Piala Dunia 2018 dan Asian Games yang lalu, telah mendongkrak penjualan televisi. Omzet penjualan di Global Elektronik saat itu meningkat signifikan,” ujarnya.

Kendati begitu, Andy yang juga praktisi ekonomi dan ritel elektronik menyatakan, pihaknya tetap harus menyiapkan berbagai upaya untuk lebih menggairahkan penjualan elektronik.

“Kami harus tetap melakukan inovasi dan beraktivitas, seperti mengadakan promo diskon, undian, dan memberikan kemudahan pembelian dan pembayaran,” jelasnya.

Sementara, terkait pameran HomeTech 2018 ke-41 diadakan mulai 5-30 Desember 2018, di area parkir (outdoor) dan showroom (indoor) Superstore Global Elektronik Jalan Pandanaran 102 (Kawasan Simpang Lima) dan Jalan MT Haryono 509A (Pusat Elektronik) Semarang. Pameran tematik ini diikuti merek Samsung, Electrolux, AC Daikin, Modena, Midea, Polytron, TCL, Dast & Ikeda.

“Produk-produk elektronik terbaru unggulan masing-masing merek sangat beragam, antara lain LED TV, Kulkas, Mesin cuci, AC, ponsel baru, Water dispenser, vacuum cleaner, dan masih banyak lagi,” terangnya.

Dalam pameran digelar berbagai program promo spesial dan cashback. Samsung, misalnya, memberikan cashback hingga jutaan rupiah. Modena memberikan cashback dan pemberian gratis kepada konsumen yang bertransaksi di pameran.

Promo Special dan pemberian gratis juga ditawarkan Electrolux, sedangkan Midea menggelar program semarak “Grab Your Gift & Cashback”. Disediakan pula hadiah cabutan berupa LED TV TCL, Microwave Samsung, Water Dispenser Modena, air cooler Midea, dan Chest Freezer.

Ada kemudahan pembayaran dengan Kartu Kredit cicilan 0% “No Surcharge” hingga 24 bulan, clearence sale up to 80%, cashback pembelian produk Samsung, dan Buy One Get One Free. Disediakan 6.000 hadiah langsung berupa handuk exclusive, topi, t’shirt, payung golf, traveling bag, tote bag, dan mug cantik.

Dengan beberapa gambaran itu, Andy optimis bahwa pameran HomeTech 2018 ke-41 akan diserbu pengunjung dan menjadi destinasi wisata belanja elektronika.(aln)

BERBAGI