Beranda Jateng Pantura Timur Penjualan Petasan Dipantau

Penjualan Petasan Dipantau

BERBAGI
Polres Blora mengerakan semua jajaran Polsek mengintensifkan operasi atau inspeksi mendadak (sidak) terhadap petasan, kembang api dan sembako. FOTO: FEBRIYAN CHANDRA/JATENGPOS.CO.ID

JATENGPOS.CO.ID, BLORA – Polres Blora mengerakan semua jajaran Polsek mengintensifkan operasi atau inspeksi mendadak (sidak) terhadap petasan, kembang api dan sembako di pasar, toko serta pedagang kaki lima (PKL) menjelang pelaksanaan Natal dan pergantian tahun.

Polisi  fokus merazia petasan, sebab salah satu bahan peledak tersebut memang dilarang untuk dijual sebab membahayakan warga.

“Petasan sama halnya dengan bahan peledak. Kalau kembang api di bawah 2 inch masih diperbolehkan,” ujar Kapolres Blora AKBP Saptono.

Maraknya para penjual petasan di Kabupaten Blora, kata Saptono, sebab hal itu dipengaruhi teori ekonomi, yaitu ada penawaran dan permintaan. Karena itu, pihaknya mengingatkan masyarakat bahwa tidak ada manfaatnya menjual petasan.

Jika nantinya ada warga yang nekat tetap menjual petasan, polisi siap menertibkan dan pembinaan terhadap para penjual petasan. “Kalau ada yang nekat menjual akan kita tertibkan dan dilakukan pembinaan,” terangnya.

Bahkan secara bertahap, operasi petasan terus dilakukan diberbagai tempat, hingga berakhirnya perayaan Natal dan tahun baru 2018 nanti. (feb/rif)