Beranda Sekolah Hebat Opini Guru Pentingnya Parenting Dalam Pendidikan Anak

Pentingnya Parenting Dalam Pendidikan Anak

73
BERBAGI
S U P R A P T I, S.Pd AUD TK KUNCUP MEKAR KAMIJORO Kec. Bener Kab. Purworejo
S U P R A P T I, S.Pd AUD TK KUNCUP MEKAR KAMIJORO Kec. Bener Kab. Purworejo

JATENGPOS.CO.ID, – Parenting adalah pekerjaan dan ketrampilan orang tua dalam mengasuh anak-anak dalam keluarga baik secara langsung maupun tidak langsung. Parenting juga menyangkut semua perilaku orang tua sehari-hari baik yang berhubungan langsung dengan anak ataupuntidak, dengan harapan apa yang diberikan kepada anak akan berdampak positif bagi kehidupannya, terutama bagi agama,bangsa dan juga negaranya.

            Olehkarena itu orangtua sebaiknya lebih cerdas dalam hal mengasuh anak-anaknya apalagi pada saat sekarang ini kemajuan teknologi sangat mempengaruhi perkembangan anak, mengingat secara pesikologi masa kanak-kanak adalah masa-masa yang potensial dalam perkembangannya. Di era digital ini anak-anak tidak bisa lepas dengan handphone atau tablet, kehadiran handphone dan tablet membawa dampak positif dan negatif bagi anak, dalam hal ini peran orangtua sangatlah penting, dari segi negatif banyak konten-konten pada gadget yang tidak layak untuk di tonton oleh anak-anak misalnya: adegan kekerasan, pornografi, kata-kata kasar. Dari segi positif banyak produk digital atau aplikasi yang memiliki nilai edukatif untuk merangsang perkembangan motorik anak. Agar anak-anak bisa menggunakan gadget secara bijak, komunikasi antara anak dan orangtua sangat penting. Hal ini sangat bermanfaat dengan begitu orang tua bisa menyampaikan hal-hal yang tidak boleh di lakukan ketika anak bermain gadget dan orang tua bisa membatasi aplikasi, situs dan waktu dalam pemakaian gadget.

            Anak-anak juga mempunyai kebutuhan untuk berinteraksi dengan lingkungannya, dalam berinteraksi dengan lingkungannya ada kecenderungan pengaruh-pengaruh yang masuk dalam diri pribadi baik dalam hal tingkah laku, gaya bicara, maupun pola hidup. Pada titik itu pengawasan orang tua sangat diperlukan dan sangat bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Pada saat sekarang banyak orang tua merasa tenang ketika anaknya bermain dengan gadget, sehingga si anak tidak menggangu aktivitas orang tuanya. Padahal bisa saja anak-anak menggunakan gadget sebagai pelarian atas kekesalan mereka, rasa kesepian, kurangnya perhatian orang tua dll. Maka orang tua juga harus meluangkan waktu bersama anak untuk berbicara, bermain dan beraktivitas bersama, agar anak-anak bisa mendapatkan kebahagiaan mereka saat bersama dengan orang tuanya.

            Dalam peranan tumbuh kembang anak, sekolah hanyalah penunjang pendidikan. Dalam hal ini orang tualah yang mempunyai peran utama dalam mendidik anaknya. Pendidikan anak di mulai dari rumah dan pendidikan itu di berikan oleh orang tua, banyak orang tua yang tidak mau terjun langsung dalam pendidikan anaknya. Mereka terlalu masabodoh dengan perkembangan anak, karena mereka berfikir kewajiban mereka hanya memasukkan anak-anak mereka ke sekolah dan selebihnya adalah tanggung jawab sekolah. Pola pikir seperti ini harusnya di rubah demi menciptakan generasi yang berkualitas. Dari sinilah parenting dianggap perlu bagi sekolah guna mewujudkan sinergi antara orang tua, anak dan sekolah.

S U P R A P T I, S.Pd AUD
TK KUNCUP MEKAR KAMIJORO
Kec. Bener Kab. Purworejo

BERBAGI