Beranda Sekolah Hebat Opini Guru Peran Pengawas dalam Meningkatan Mutu Pendidikan

Peran Pengawas dalam Meningkatan Mutu Pendidikan

65
P. Eko Widyastuti, S.Pd.,M.Si. Pengawas TK/SD PPK Purworejo Kabupaten. Purworejo
P. Eko Widyastuti, S.Pd.,M.Si. Pengawas TK/SD PPK Purworejo Kabupaten. Purworejo

Penyelenggaraan pendidikan di sekolah, adalah suatu proses pembudayaan dan pemberdayaan peserta didik dalam rangka menjalankan amanat UU No. 20/2003. Dalam proses tersebut, guru harus memberikan keteladanan dan mampu membangun kemauan, serta mengembangkan potensi dan kreativitas peserta didik dalam rangkan menyiapkan generasi penerus bangsa yang berkualitas. Untuk itu, diperlukan guru profesional yang melakukan pembelajaran dengan memberikan peran lebih banyak kepada peserta didik untuk mengembangkan potensi dan kreativitas dirinya dalam rangka membentuk manusia yang memiliki kekuatan spiritual keagamaan, berakhlak mulia, berkepribadian, memiliki kecerdasan, memiliki estetika, sehat jasmani dan rohani, serta keterampilan yang dibutuhkan bagi dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

Guru profesional tidak hanya dituntut untuk mampu menguasai bidang ilmu sesuai dengan bidang ajar, metode pembelajaran, memotivasi peserta didik, memiliki ketrampilan yang tinggi, dan wawasan yang luas terhadap dunia pendidikan, namun yang paling penting adalah bagaimana guru memiliki pemahaman yang mendalam tentang hakikat manusia dalam kehidupan bermasyarakat dalam rangka menghantarkan peserta didiknya. Dengan demikian, guru profesional harus selalu berusaha mengembangkan keprofesionalannya untuk memberikan pelayanan secara maksimal kepada masyarakat. Berdasarkan temuan penulis selaku pengawas pendidikan masih banyak guru yang memerlukan bimbingan dan pendampingan yang dilakukan oleh pengawas dalam rangka melaksanakan perannya sebagai pengawas sekolah. Pelaksanaan peran ini dilakukan melalui supervisi pendidikan di sekolah untuk meningkatkan profesionalitas guru dengan mengembangkan kompetensi guru yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan, bertahap, berkelanjutan.

Pengembangan kompetensi professional guru dilakukan dengan menekankan pada penguasaan materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan; penguasaan standar kompetensi dan kompetensi dasar; pengembangan materi pembelajaran yang diampu; pengembangan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif; pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan diri. Pengembangan kompetensi profesional guru merupakan proses dapat dilakukan secara sendiri maupun kelompok dalam mengkaji, memperbaharui, dan memperluas pengetahuan, kemampuan, keterampilan, sikap diri dan kebiasaan, sehingga segala macam kebutuhan di masa yang akan datang dapat diikuti dan dinilai secara teratur yang sesuai dengan rencana serta menghasilkan manfaat bagi pribadinya dan dunia pendidkan.

Pengawas pendidikan sebagai pejabat yang berperan melakukan bimbingan dan pendampingan terhadap guru hendaknya melakukan pengembangan kompetensi profesi guru untuk merangsang guru dalam memecahkan masalah-masalah keorganisasian, karena subtansi kajian dan konteks pembelajaran selalu berkembang dan berubah menurut dimensi ruang dan waktu, dan guru dituntut untuk selalu meningkatkan kompetensinya. Pengembangan kompetensi profesional guru dimaksudkan untuk dapat melaksanakan tugas-tugas dan kewajiban sebagai guru secara professional guna mencapai standar kualitas dalam menjalankan tugas atau pekerjaan professional (Menurut Udin Syaefudin Saud, 2011: 101).

Pengembangan kompetensi professional guru yang dilakukan oleh pengawas dengan melakukan bimbingan dan pendampingan dimasudkan agar guru dapat menguasasi kompetensi profesi yang dituntut dalam pembelajaran, adapun tuntutan tersebut meliputi Penguasaan materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan mata pelajaran yang diampu.Penguasaan standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran.Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif dengan menyusunan progam pembelajaran tertuang pada silabus dan RPP dan program penilaian. Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif.
Guru juga dapat memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan diri, dalam pembelajaran dapat menggunakan media TIK sehingga peserta didik dalam mengikuti pembelajaran tidak merasa bosan dan lebih tertarik untuk belajar.

Pelaksanaan peran Pengawas sekolah ini, bertujuan untuk meningkatkan keprofesionalan guru dalam melaksanakan pembelajaran, dan memenuhi tujuan dan harapan sekolah yang tertuang dalam Visi, Misi, dan tujuan sekolah. Kegiatan ini dilakukan melalui perencanaan supervisi Pengawas sekolah sebagai upaya meningkatkan profesiolalisne guru dan lebih jauh lagi dalam upaya pencapaian tujuan pembelajaran yang diharapkan. Disamping itu, dilakukan evaluasi perangkat dan proses pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran, sehingga dapat diketahui tingkat keberhasilan bimbingan dan pendampingan yang dilakukan dalam rangka melaksanakan perannya sebagai pengawas pendidikan.

P. Eko Widyastuti, S.Pd.,M.Si.
Pengawas TK/SD PPK Purworejo
Kabupaten. Purworejo