Beranda Edukasi Perhatian, UNBK SMA Dimajukan karena Bentrok Pemilu

Perhatian, UNBK SMA Dimajukan karena Bentrok Pemilu

138
SIMULASI: Sekolah yang mengikuti simulasi UNBK tahap pertama, yakni SMP yang sudah mengikuti UNBK 2017 secara mandiri.

JATENGPOS.CO.ID, Semarang – Bersamaan dengan pelaksanaan Pemilu pada April 2019 mendatang ,Jadwal Ujian Nasional Berbasis Komputer 2019 untuk SMA sederajat terpaksa dimajukan.

Pelaksana tugas Kepala Disdikbud Jawa Tengah, Sulistyo mengatakan jadwal UNBK harus dimajukan agar konsentrasi siswa yang ikut ujian tidak buyar dengan adanya pelaksanaan Pemilu serentak di 35 kabupaten/kota.

“Jadwal UNBK untuk tahun ini dilaksanakan mulai 25 sampai 28 Maret bagi siswa SMK. Sedangkan bagi siswa SMA dijadwalkan pada tanggal 1-2 April, kemudian 4 dan 8 April. Ini semata supaya tidak berbarengan dengan Pemilu dan bulan puasa. Makanya harus diajukan jadwal pelaksanaannya,” kata Sulistyo, usai diskusi Prima Topic bersama Sindo Trijaya di Hotel Quest Plampitan, Rabu (13/03)

Ia mengatakan penyusunan jadwal UNBK dikerjakan oleh tim dari BSNPN. Ia mengklaim UNBK digelar untuk menghemat kertas dan memperkuat validasi data peserta ujian.

Ia mengatakan pelaksanaan UNBK 2019 terbagi dalam tiga sesi ujian. Persiapannya saat ini sudah dimatangkan.

Sulistyo mengungkapkan semua SMA/SMK dan MA tahun ini sudah bisa melaksanakan ujian menggunakan komputer mencapai 100 persen. “Insyallah bisa kita dorong untuk meningkatkan prestasinya. Terutama kejujuran lebih baik ditingkatkan,” terangnya.

Ia memastikan tidak akan ada lagi listrik dan internet yang mati saat UNBK berlangsung. “Tidak ada hambatan karena sekolah-sekolah akan pakai genset,” paparnya.

Pada UNBK 2019, katanya jumlah pesertanya mencapai 190.878 orang. Untuk peserta ujian setingkat SMK berjumlah 247.089 siswa. Jumlah SMA dan MA yang ikut UNBK yakni 1.514 sekolah dan 1.533 SMK.

“Semua yang terakreditasi sudah melaksanakan UNBK. Yang belum terakreditasi harus menginduk dengan sekolah lainnya dulu dulu. Yang penting pemenuhan UNBK sudah memenuhi syarat,” tukasnya. (fid/ntan)