Beranda Ekonomi Pertamina Salurkan 250 Liter Cairan Antiseptik

Pertamina Salurkan 250 Liter Cairan Antiseptik

Untuk Trans Semarang

24
BANTUAN PERTAMINA- General Manager Pertamina MOR IV, Iin Febrian, Kamis (26/3/2020), secara simbolis menyerahkan bantuan 250 Liter cairan antiseptik (hand sanitizer) hasil kerjasama dengan Undip yang akan ditempatkan di dalam bus BRT (Bus Rapid Transit) Trans Semarang sebagai transportasi publik. FOTO : IST/ANING KARINDRA/JATENG POS

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region (MOR) IV menggandeng beberapa lembaga untuk membantu masyarakat memerangi penyebaran wabah virus Covid-19. Upaya Pertamina kali ini bekerja sama dengan Universitas Diponegoro (Undip) untuk menyediakan sebanyak 250 Liter cairan antiseptik (hand sanitizer).

General Manager Pertamina MOR IV, Iin Febrian mengatakan, nantinya, cairan antiseptik ini akan ditempatkan di dalam bus BRT (Bus Rapid Transit) Trans Semarang yang merupakan transportasi publik.

“Kerjasama yang dijalin antara Pertamina bersama berbagai lembaga ini, merupakan bentuk inisiatif untuk bersama-sama melakukan langkah pencegahan terhadap penyebaran pandemi Covid-19. Upaya kerjasama ini merupakan bentuk kerjasama yang terintegrasi dan diharapkan memberikan manfaat bagi masyarakat luas,” kata Iin Febrian, saat penyerahan bantuan di Kantor Dinas Perhubungan Kota Semarang, Kamis (26/3/2020).

Menurutnya, kerjasama antara Pertamina dan Undip adalah berupa bantuan penyediaan cairan antiseptik sebanyak 250 liter. Cairan antiseptik yang berupa hand sanitizer ini akan dikemas dalam botol-botol berukuran 500 ml.

“Adapun sasaran pendistribusian diantaranya armada BRT – Trans Semarang serta di fasilitas-fasilitas umum lainnya,” ungkapnya.

Kepala Laboratorium Advance Material Fakultas Teknik Undip, Prof. Dr. Ir. Widayat, ST, MT, IPM menyatakan, dalam menghadapi wabah virus Covid-19 ini, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah menjaga kebersihan. Penggunaan disinfektan secara teratur dan rutin membutuhkan disiplin tersendiri.

“Program yang digagas Pertamina merupakan upaya membantu masyarakat dalam menjaga kesehatan secara rutin. Kami, Fakultas Teknik Undip siap mendukung program Pertamina melalui proses produksi hand sanitizer. Hand sanitizer ini kami produksi atau buat dengan mengacu pada standar WHO,” tambahnya.

Ikhwan Susanto, selaku Manager Operasional BRT mengungkapkan, upaya pencegahan dengan menyediakan hand sanitizer di armada bus dapat turut memberikan pemahaman terkait perilaku sehat bagi penumpang transportasi umum.

“Upaya yang dilakukan oleh Pertamina sangat bermanfaat bagi kami selaku pengelola transportasi umum. Selain berupa langkah pencegahan terhadap penyebaran virus Corona, upaya ini termasuk bentuk edukasi kepada penumpang untuk dapat terus menjaga kebersihan dan kesehatannya,” terang Ikhwan.

Saat ini Pertamina terus melakukan berbagai upaya untuk melakukan pencegahan terhadap pencegahan virus Covid-19, diantaranya terus melakukan koordinasi dengan berbagai pihak untuk turut membantu upaya-upaya yang tengah dilakukan. Selain itu, Pertamina pun terus menjamin kebersihan di fasilitas-fasilitas operasinya, diantaranya SPBU serta melakukan pemeriksaan kesehatan berkala bagi petugas yang bertugas melayani masyarakat.

Sebagai Badan Usaha Milik Negara, PT Pertamina (Persero) juga senantiasa akan memberikan informasi terkait penyaluran BBM, LPG, petrokimia serta produk Pertamina lainnya melalui berbagai platform media digital maupun konvensional. Jika ada masyarakat yang membutuhkan informasi atau memberikan masukan dan saran dapat menghubungi kontak Pertamina 135 atau melalui aplikasi MyPertamina yang dapat diunduh pada google playstore atau apple store.(aln)