Beranda Hiburan Pesan Terakhir Yon Koeswoyo

Pesan Terakhir Yon Koeswoyo

BERBAGI
SEMANGAT TINGGI: Almarhum Yon Koeswoyo (memakai kacamata) tengah pose bersama usai tampil menghibur di Lawang Sewu Semarang tahun lalu.
SEMANGAT TINGGI: Almarhum Yon Koeswoyo (memakai kacamata) tengah pose bersama usai tampil menghibur di Lawang Sewu Semarang tahun lalu.

JATENGPOS.CO.ID, MENINGGALNYA Yon Koeswoyo, musisi legendaris dan juga pentolan Koesplus tidak saja menyisakan kesedihan jutaan penggemar, namun juga meninggalkan pesan kepada keluarga, sahabat dan teman dekat khususnya musisi muda yang pernah bergabung sebagai anggota Koesplus.

Acil Hadi Surya, misalnya, musisi muda yang dikenal sebagai gitaris dan juga pemain kibor yang pernah menjadi angggota Koesplus. Mengutip pernyataan Gerry Koeswoyo, anak sulung mendiang Yon Koeswoyo, dua pekan sebelum meninggal sempat menggelar dua konser di Yogyakarta dan Kediri, meski waktu itu kondisinya sedang tidak sehat.

“Tepatnya di awal dan akhir bulan Desember 2017, Om Yon sempat melakukan tur di Kediri dan Yogyakarta. Waktu itu, mas Gerry sempat melarang ayahnya (Yon Koeswoyo) untuk tidak manggung, karena Om Yon tidak sehat. Tapi dengan penuh semangat Om Yon tetap tampil. Seperti tidak ada rasa lelah meski kondisinya tidak sehat,” ujarnya, kepada Jateng Pos melalui ponselnya, Minggu (7/1).

Dijelaskan Acil, usai konser di Yogyakarta, tepatnya pada libur Natal, Yon Koeswoyo langsung pulang ke rumahnya di Pamulang, Tangerang. Kesehatannya semakin drop hingga dilarikan ke rumah sakit menjalani rawat inap selama lima hari.

“Om Yon sempat rawat inap di rumah sakit usai menggelar konser terakhirnya di Yogyakarta. Beliau sempat pulang ke rumah atas permintaanya sendiri. ‘Aku ki wes sehat ora usah dirawat maneh’.  Beliau sempat mengucapkan kata tersebut, dan akhirnya pihak keluarga membawanya pulang ke rumah untuk menjalani rawat jalan saja,” jelasnya.

Hampir sepekan di rumah, kondisi Yoen Koeswoyo semakin drop. Meski begitu, ia tak mau dirawat di rumah sakit lagi.

“Om Yon sempat berkata, saat saya dan Om Yok Koeswoyo menjenguk. Dikatakan Om Yon “Jane aku ki loro opo angger melek kok sirahe muter-muter” dengan nada santai khas candaannya. Nah di saat itu juga, Om Yon juga mengatakan, “Pokoke Koesplus harus tetap ada dan jangan dibubarkan”. Ternyata itu menjadi pesan terakhirnya, meski kami tidak pernah menyadari itu,” pungkasnya.

Acil yang sempat membantu Koesplus menjadi personil muda bersama Seno dan Sonny yang dipilih langsung Yon Koeswoyo untuk mengiringinya di era tahun 2015-2017. Ia sendiri berharap Koesplus bisa terus eksis, entah nanti siapa yang bakal meneruskan nama besar band yang menjadi inspirasi dan semangat musisi Indonesia tersebut. (ucl/bow)

BERBAGI