Beranda Jateng Petani Butuh Kegiatan Produktif di Sela Musim Tembakau

Petani Butuh Kegiatan Produktif di Sela Musim Tembakau

136
Ketua DPRD Rukma Setyabudi memberikan paparan di hadapan warga Desa Gondang Winangun, Kecamatan Ngadirejo, Temanggung, Jumat (1/4). (dok DPRD Prov Jateng)

JATENGPOS.CO.ID, TEMANGGUNG — Petani tembakau Desa Gondang Winangun, Kecamatan Ngadirejo, Temanggung, butuh kegiatan alternatif di sela-sela penanaman tembakau.

Dengan demikian, petani bisa meningkatkan pendapatan dan produktivitas selama menunggu masa panen tembakau yang menjadi salah satu urat nadi perekonomian masyarakat di lereng Gunung Sindoro itu.

Permintaan itu disampaikan pada saat dialog interaktif Radio Elshinta yang digelar dalam reses Ketua DPRD Jateng Dr Rukma Setyabudi MM di Desa Gondang Winangun, Kecamatan Ngadirejo, Kab.Temanggung Jumat (1/3/2019).

Kepala Desa Gondang Winangun, Nur Hikma menyampaikan, di desanya sekarang ini tengah berlangsung proses pembenihan bibit tembakau. Selanjutnya, benih disemaikan sampai April 2019. Barulah kemudian benih-benih itu mulai dipindahkan dari pendederan dan  ditanam seiring memasuki musim tanam tembakau.

Ternyata di jeda waktu semai bibit dan penanaman tembakau, warga bingung tidak memiliki aktivitas lain. Sebagian warga kebingungan karena belum mempunyai  kegiatan yang produktif yang bisa mendatangkan penghasilan tambahan selain bertani tembakau.

“Petani di sini kadang merasa kebingungan nggak ada kegiatan yang menghasilkan disaat menunggu musim tanam tembakau, saya minta warga bisa diberi pelatihan, agar warga petani tembakau punya ketrampilan yang bisa menghasilkan sehingga tidak menganggur selama menunggu musim tembakau,” pinta kepala desa yang merangkap sebagai ketua tim penggerak PKK desa itu.

Selain itu Nur Hikma juga mengusulkan pembangunan sarana olahraga untuk pemuda. Usulan itu dimaksudkan agar pemuda dan warga bisa melakukan aktivitas yang sehat dan positif dan terarah.

Menerima aspirasi dari warga Gondang Winangun tersebut Rukma akan menyampaikan dan mendorong pemerintah untuk memberikan paket-paket pelatihan keterampilan sesuai kebutuhan masyarakat. Karena, dengan keterampilan itu masyarakat akan bisa mendapatkan penghasilan tambahan sehingga muaranya akan meningkatkan kesejahteraan.

“Kalau itu yang diminta masyarakat, saya sangat setuju dan akan meminta pemerintah untuk membuat program-program yang sangat dibutuhkan warga, saya akan minta warga di sini dilatih UMKM, agar mendapat penghasilan tambahan sehingga desa ini perekonomiannya meningkat dan lebih sejahtera,”tanggap legislator PDI Perjuangan itu.

Terkait sarana kekurangan prasarana olahraga dan kesenian, doktor bidang administrasi publik itu sangat mendorong dan memperjuangkan keinginan masyarakat untuk hidup sehat dengan berolah raga, bahkan hingga ke prestasi. Selain itu, Rukma mengapresiasi perkembangan kesenian di Gondang Winangun karena tumbuh suburnya kesenian tradisional merupakan upaya melestarikan budaya bangsa yang merupakan wujud  identitas bangsa. (adv)