Beranda Jateng Pantura Barat Petualangan Kapolres Batang, Sambangi Warga Pegunungan Dieng Usai Tanam Pohon

Petualangan Kapolres Batang, Sambangi Warga Pegunungan Dieng Usai Tanam Pohon

525
Kapolres Batang AKBP Edi S.Sinulingga, ADM Perhutani KPH Pekalongan Timur menanam pohon puspa dan bambu gading bersama warga di lereng Gunung Prau. FOTO : ADE VIANT/JATENGPOS.CO.ID

JATENGPOS.CO.ID, BATANG – Rasa penasaran dan ingin menjalin silaturahmi dengan warga di wilayah perbatasan, Kapolres Batang AKBP Edi S. Sinulingga SIK sambangi masyarakat di Dusun Rejosari Desa Pranten Kecamatan Bawang, Jumat (24/11). Selama hampir dua hari satu malam, Jumat-Sabtu (24-25/11) Kapolres bersama sejumlah perwira jajarannya berada di sana.

Mereka dipanduk Adm Perhutani KPH Pekalongan Timur berada di lereng Gunung Prau Kecamatan Bawang yang berbatasan dengan Kabupaten Wonosobo. Suhu dingin disertai hujan gerimis menyambut kedatangan Kapolres Batang. Meski demikian cuaca tidak membuat patah semangat.

“Cuaca dan suhunya sangat keren. Suhu dingin ini membuat saya betah dan ingin mengagendakan lagi bersama keluarga datang kesini. Masyarakatnya baik dan mudah diajak berkomunikasi. Semoga hubungan kami dengan warga terjalin berkesinambungan,” ujarnya kepada Jateng Pos.

Dikatakan, lereng Gunung Prau Kecamatan Bawang merupakan wilayah hukum yang menjadi tanggung jawabnya. Melalui Babinkamtibmas, komunikasi dengan warga agar terus ditingkatkan. Sehingga tercipta hubungan yang harmonis dan lingkungan yang kondusif.

“Babinkamtibmas harus bisa menjaga dan menjalin komunikasi dengan masyarakat. Mereka adalah mitra polisi. Jadikan, masyarakat merupakan bagian dari keluarga kita. Jaga kondusifitas wilayah bersama-sama,” kata AKBP Edi S. Sinulingga SIK.

Kapolres mengungkapkan, warga di Desa Pranten adalah petani kentang di lereng gunung diatas ketinggian lebih dari 1.000 mdpl. Babinkamtimas menjadi ujung tombak, harus bisa menjalin komunikasi dengan warga, terlebih di wilayah perbatasan dengan medan seperti ini.

“Jangan sampai hubungan komunikasi antara Babinkamtibmas terputus. Semangat dan kerja keras serta loyalitas menjaga kondusifitas di wilayah perbatasan ini khususnya, layak ada perhatian khusus. Istilah jawanya, yakni nguwongke uwong,” bebernya.

Disela-sela kunjungannya menyambangi warga, Kapolres bersama rombongan juga melakukan aksi gerakan penanaman pohon di lereng gunung. Selain itu memberikan sejumlah bantuan paket sembako kepada warga khususunya warga kurang mampu untuk memperat tali silaturahmi.

“Ini merupakan bentuk kepedulian kami kepada mereka, terutama bagi warga kurang mampu. Sedikit meringankan beban dengan memberikan bantuan paket sembako. Semoga bisa bermanfaat, khususnya bagi yang membutuhkan,” terangnya didampingi Kapolsek Bawang.

Sementara itu, Kapolsek Bawang AKP Goemana SH menyampaikan kedatangan Kapolres Batang bersama rombongan ke wilayah kecamatan Bawang terutama di daerah atas lereng Gunung Prau bukan hal yang baru. (via/biz/sgt)