Beranda Jateng Pilkada Kota Tegal Gunakan Kotak Suara Lama

Pilkada Kota Tegal Gunakan Kotak Suara Lama

48
BERBAGI
Komisioner KPU Kota Tegal, Arisandi Kurniawan mengecek kotak suara yang akan digunakan dalam pilkada serentak 27 Juni mendatang. FOTO:SYAMSUL FALAQ/JPNN

JATENGPOS.CO.ID. TEGAL- Untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal masih menggunakan kotak suara lama. Sebab, dengan bahan alumunium dinilai masih layak pakai dan jumlahnya cukup untuk mengakomodir 420 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 27 kelurahan.

“Karena masih laik pakai, untuk Pilgub dan Pilwalkot pengadaan logistik tak perlu menganggarkan kotak suara,” ungkap Komisioner KPU Arisandi Kurniawan.

Menurutnya, sesuai rencana terkait kesiapan pendistribusian logistik dan kotak suara yang sudah disiapkan ditargetkan bisa tersalurkan maksimal H-3 sebelum pencoblosan. Namun, terkait teknis kesiapan logistik ATK dan kebutuhan surat suara Pilkada Serentak baik Pilgub dan Pilwalkot masih menunggu koordinasi dengan KPU Provinsi Jateng.

“Untuk penggunaan kotak suara baru, direncanakan pada Pilpres dan Pilleg 2019. Bahannya, dari kardus transparan,” terangnya.

Sementara itu, lanjut Arisandi, terkait Daftar Pemilih Tetap (DPT), sebanyak 4.029 warga di Kota Tegal dicoret karena Tidak Memenuhi Syarat (TMS). Yakni, terdiri 2.116 laki-laki dan 1.913 perempuan. Hal itu disebabkan beberapa faktor seperti ganda identik, ganda NIK dan KK, meninggal dunia, pindah domisili, hilang ingatan serta ada juga yang tidak dikenali, pemilih di bawah umur, hingga perubahan status dari sipil menjadi TNI/POLRI.

Ketua KPU Agus Wijanarko menambahkan, dalam proses penetapan DPT sudah dilakukan pencermatan Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) menjadi Daftar Pemilih Sementara Hasil Pemutakhiran (DPSHP). Tercatat 1.202 pemilih yang melakukan perubahan data meliputi 546 laki-laki dan 556 perempuan. Selain itu, 5.692 pemilih baru meliputi 2.972 laki-laki dan 2.720 perempuan.

“Selain itu, total DPT Pilkada Serentak mencapai 198.535 pemilih yakni 98.866 laki-laki dan 99.669 perempuan,” tandasnya. (syf/ela/jpnn/muz)

BERBAGI