Beranda Sekolah Hebat Opini Guru PJJ Tingkatkan Ketrampilan IT Siswa

PJJ Tingkatkan Ketrampilan IT Siswa

15
Edy Susanto, S.Pd.SD Guru SDN Kecil Munggangsari

Pandemi Covid-19 sudah berlangsung selama 9 bulan sampai saat ini. Hal ini membuat kalangan pendidik, orang tua, dan siswa berupaya agar pembelajaran tetap berjalan dengan baik. Pembelajaran jarak jauh (PJJ) menjadi alternative pembelajaran yang harus dilakukan. Hal ini dilaksanakan untuk mencegah penyebaran Covid-19 yang sampai saat ini belum dapat diprediksi kapan akan berakhir. Pelaksanaan PJJ memerlukan kesiapan perangkat pembelajaran yang harus didukung dengan Informasi Teknologi (IT) seperti: HP, leptop, internet, dan  aplikasi. Padahal IT bagi siswa kelas VI SDN Kecil Munggangsari merupakan hal yang belum dikenal secara mendalam baik pengetahuan IT maupun cara penggunaannya. Terlebih adanya peraturan larangan untuk membawa HP ke Sekolah.

PJJ sebelumnya hanya dilaksanakan di kalangan Universitas di antaranya Universitas terbuka. Ternyata dengan adanya Pandemi Covids 19 membawa hikmah mengharuskan kalangan pendidikan kususnya SD harus melaksanakan PJJ juga.” PJJ merupakan suatu metode pembelajaran dimana proses pengajaran terjadi secara terpisah dari proses belajar sehingga komunikasi antara tenaga pengajar dan siswa harus difasilitasi dengan bahan cetak, media elektronik, dan media-media yang lain”(Moore 1973).Tentunya bukan hal yang mudah, bagaimana caranya dalam waktu yang singkat dapat mengenalkan IT kepada siswa SD yang belum dewasa. Tentunya  harus dibekali pengetahuan- pengetahuan cara menggunakan IT dengan bijak. Hal ini menjadikan masalah yang harus dicarikan solusinya.

Dengan adanya PJJ, siswa diharuskan menguasai IT  agar pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Sebelum PJJ dilaksanakan, penulis telah melaksanakan diagnosis awal terhadap siswa mengenai kepemilikan HP sebagai salah satu alat yang menunjang IT untuk PJJ. Dari hasil diagnosis awal dapat disimpulkan bahwa rata – rata HP adalah milik orang tua. Sementara itu siswa juga jarang menggunakan HP. Hal ini memang keinginan orang tua agar anak dapat fokus untuk belajar karena ada anggapan orang tua bahwa jika anak sudah sering memegang HP maka anak akan malas belajar. Jadi bertolak belakang dengan kondisi saat ini yang mengharuskan anak untuk dekat dengan alat dukung untuk PJJ seperti HP.

Berdasar masalah bahwa siswa belum mengenal IT terutama menggunakan HP maka penulis merancang kegiatan untuk mengenalkan IT, cara menggunakan aplikasi pada HP diantaranya menggunakan aplikasi yang sudah dikenal banyak orang diantaranya : Whatsapp, Video call, mail Voice, Classroom, video, dan forms. Adapun langkah – langkah yang digunakan oleh penulis adalah menggunakan aplikasi yang mudah dan sudah banyak digunakan yaitu aplikasi Whatsapp. Melalui Whatsapp penulis membuat Whatsapp Group (WAG) agar mudah melakukan komunikasi dengan siswa dan orang tua siswa.

Melalui Whatsapp penulis menyampaikan cara – cara menggunakan aplikasi yang ada pada HP dengan cara bertahap. Diantaranya menjelaskan cara menggunakan : Video call untuk pembelajaran virtual, Mail Voice untuk merekam suara, Classroom untuk memberikan materi dan tugas, Forms untuk mengisi daftar hadir online. Setelah memberikan pengetahuan tentang IT penggunaan aplikasi pada HP, penulis melaksanakan assesmen bagaimana perasaan siswa setelah mengetahui dan mengenal IT dengan memilih emoticon. Adapun emoticon yang dipilih oleh siswa 100% smile. Hal ini menunjukan rasa senang karena sudah mampu menggunakan IT walupun masih secara sederhana.

Berdasar hasil dari observasi yang telah dilaksanakan oleh penulis mengenai PJJ menggunakan IT terhadap siswa kela VI maka penulis dapat menyimpulkan bahwa PJJ yang dilaksanakan dapat meningkatkan ketrampilan IT siswa, dengan terbukti siswa dapat mengikuti PJJ yang dilaksanakan dengan baik. Sehingga  dapat melaksanakan PJJ yang bermakna

Oleh :

Edy Susanto, S.Pd.SD

Guru SDN Kecil Munggangsari