Beranda Politik PKB Kritik Kader Kutu Loncat Cari Parpol Lain

PKB Kritik Kader Kutu Loncat Cari Parpol Lain

146

JATENGPOS.CO.ID, JAKARTA — Wakil Sekretaris Jenderal PKB Daniel Johan mengkritik ada kader partai yang tiba-tiba pindah ke partai lain menjelang Pemilu Legislatif (Pileg) 2019 dengan diiming-imingi sesuatu, karena dinilainya sangat pragmatis.

“Kalau kader semakin matang di partai dengan mengikuti semua proses pengkaderan akan menjadi kader utama dan nantinya bisa menjadi pemimpin bangsa,” kata Daniel di Jakarta, Jumat.

Dia mengatakan kalau kader pindah-pindah ke partai lain maka itu sangat pragmatis, karena dalam politik berbicara ideologi dan cara melahirkan pemimpin yang berkarakter.

Daniel mengakui ada kader partai lain yang pindah ke partainya, namun dirinya menjamin PKB tidak membajak mereka hanya untuk mendapatkan keuntuggan elektoral.

“PKB 1.000 persen tidak ada yang membajak kader partai lain, dalam pengertian dibayar, kami tidak melakukan itu,” ujarnya.

Menurut dia, kalau ada kader yang terdaftar sebagai bacaleg dari partai lain maka harus mengundurkan diri dari keanggotaan partai awalnya karena sudah disyaratkan dalam aturan undang-undang.

Dia menilai kader tersebut harus menunjukkan surat pengunduran diri dan juga menyertakan surat bahwa partai asal memberikan izin pengunduran diri tersebut.

“Kalau partai awal belum mengeluarkan surat pemberian izin mengundurkan diri maka kader tersebut harus menunjukkan surat bahwa proses pengunduran diri sudah dilakukan dan sedang diproses, kalau tidak ada maka harus dicoret,” katanya. (hfd/ant)