Beranda Jateng Pantura Barat PMI Harus Hadir Ditengah Masyarakat

PMI Harus Hadir Ditengah Masyarakat

380
Jajaran PMI provinsi Jawa Tengah berfoto bersama dengan PMI Kabupaten Batang selepas acara. FOTO : IWAN ARIFIANTO/JATENGPOS

JATENGPOS.CO.ID, BATANG – Sebagai lembaga sosial yang bergerak dibidang kemanusiaan PMI dituntut untuk senantiasa melayani masyarakat dengan baik. Dalam semangat melayani tersebut tentu perlu bekal yang cukup, baik itu pengetahuan maupun keahlian.

Maka dalam meningkatkan kapasitas diri jajaran PMI kabupaten Batang terdiri dari pengurus tingkat kabupaten, kecamatan dan Relawan  PMI kabupaten Batang.  Melakukan kunjungan ke PMI provinsi Jawa Tengah.

“Kami datang ke PMI Provinsi Jawa Tengah untuk belajar bagaimana meningkatkan pelayanan kepada masyarakat agar PMI Kabupaten Batang menjadi lebih baik lagi,”kata Achmad Taufiq ketua PMI Batang melalui Kusnadi Ketua markas PMI Batang, kemarin.

Kunjungan tersebut, lanjut Kusnadi, PMI kabupaten Batang memperoleh bekal ilmu berupa cara penanganan bencana alam, bidang sukarelawan, organisasi kepalang merahan, dan tentunya pelayanan masyarakat dibidang kesehatan.

“Setelah mendapat bekal tersebut harapannya seluruh pengurus, staf, dan relawan PMI kabupaten Batang dari tingkat kabupaten sampai kecamatan dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat ke masyarakat,”terangnya.

Kusnadi menuturkan selama ini PMI Batang telah semaksimal mungkin melakukan pelayanan kepada masyarakat. Semisal saja dibidang unit transfusi darah (UTD) PMI Batang selalu memperbaiki layanan seperti stok darah yang dapat di update setiap hari melalui layanan sms. Menjemput bola dengan cara mendatangi para pendonor. Meningkatkan fasilitas UTD seperti dengan tersedianya alat trombosit darah.

“PMI Batang sekarang tengah merenovasi gedung yang akan selesai sekitar pertengahan 2018, rencananya akan kami buat apotik dan ruang rawat inap. Semua itu kami lakukan agar PMI benar-benar hadir di masyarakat Batang,”bebernya.

Sementara Suryani komandan relawan PMI kabupaten Batang mengatakan relawan kabupaten Batang selalu siap melayani masyarakat Batang. Bahkan relawan PMI sudah biasa diminta masyarakat untuk menjadi tim medis mendampingi sebuah kegiatan.

“Kunjungan ke PMI Jawa Tengah sangat menambah ilmu kami sebagai relawan yang siap kami aplikasikan ketika terjun ke masyarakat,”ujarnya.

Imam Triyanto ketua PMI jawa tengah mengaku sangat menyambut baik terhadap inisiatif kunjungan PMI kabupaten Batang ke PMI provinsi. “setelah dari sini (PMI Jateng),harapannya PMI Batang akan meningkatkan kapasitasnya dalam melayani masyarakat,” tukasnya.  (Wan/mg8)