Beranda Jateng Banyumas Polda Dalami Akun FB Hina Parpol

Polda Dalami Akun FB Hina Parpol

BERBAGI

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Kepolisian Daerah Jawa Tengah melakukan asistensi terhadap penanganan kasus di Banjarnegara, terkait akun FB yang memuat informasi dengan mendiskreditkan salah satu parpol. Kapolda Jateng Irjend Pol Tjondro Kirono mengemukakan, akun FB tersebut diadukan ke polisi karena mendiskreditkan parpol tertentu.

”Karena belum masuk masa kampanye, kita lakukan penanganan oleh Polri, kita proses melalui UU ITE,” tegasnya di sela Deklarasi Pilkada Damai Wartawan Polda Jateng di Vina House, Selasa (13/2).

Saat ini, kasus tersebut ditangani Polres Banjarnegara dan mendapatkan aistensi dari Dirkrimsus Polda Jateng. Polisi sudah mengambil keterangan dari pelapor dan dilakukan penelusuran terhadap akun FB tersebut.

Menjelang pelaksanaan Pilkada serentak 2018, Kapolda meminta agar masyarakat tidak melakukan tindakan sendiri jika ditemukan pelanggaran. Kapolda mengimbau masyarakat langsungn melaporkan kepada polisi jika menemukan konten pemberitaan yang berpotensi menciptakan konflik.

Kapolda mengatakan, tahun politik ini diwarnai dengan kontelasi situasi yang menghangat. Persaingan dua kandidat di tingkat provinsi akan membawa konsekuensi polarisasi dalam masyarakat.

Namun demikian, dia berpesan agar peserta pilkada tetap menjaga pondasi dengan baik, sehingga tidak terjadi perpecahan. “Jangan sampai kebhinekaan rusak hanya karena beda pilihan,” tukasnya.

Selain pers, lanjut dia, komponen lain yang juga berperan dalam perwujudan pilkada yang damai, antara lain profesional penyelanggara pemilihan, yakni KPU dan Bawaslu.

Peran penting lainnya adalah para kandidat kepala daerah dan tim pemenangannya. “Para pasangan calon harus menunjukkan, menang dengan cara-cara yang patut,” katanya.

Ia mengatakan potensi kerawanan dalam Pilkada 2018 telah dipetakan.

Pemetaan didasarkan atas sejarah konflik masing-masing wilayah pada masa sebelumnya. “Dinamika bergerak cepat sehingga harus bisa mengelola situasi untuk mendinginkan suasana,” katanya. (drh/udi)