Beranda Headline Polda Jateng Siagakan Satgas Anti Kampanye Hitam

Polda Jateng Siagakan Satgas Anti Kampanye Hitam

BERBAGI

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Polda Jawa Tengah menyiagakan Satuan Tugas (Satgas) anti kampanye hitam yang akan bertugas melakukan pengawasan terhadap penggunaan media sosial yang bertujuan menyebar fitnah atau SARA.

“Satgas ini akan bertugas mengawasi media sosial jika ada unsur SARA atau fitnah saat penyelenggaraan pilkada serentak tahun ini,” kata Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono di Semarang, Jumat.

Satgas itu sendiri, lanjut dia, akan terdiri dari unsur Direktorat Reserse Kriminal Khusus dan Direktorat Intelijen dan Keamanan.

Ia menyebut satgas ini juga akan berkoordinasi dengan tim penegakan hukum terpadu (Gakumdu) dalam bekerja.

Meski demikian, lanjut dia, Satgas Anti Kampanye Hitam ini bisa bekerja langsung menindak akun-akun media sosial yang tidak terdaftar resmi di KPU.

“Tugasnya dengan patroli siber, tetapi masyarakat bisa juga melapor jika menemukan akun-akun yang mengunggah tentang kampanye hitam,” katanya.

Kampanye hitam berisi fitnah maupun ujaran kebencian tersebut selanjutnya akan dijerat dengan Undang-Undang Nomor 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik.

Sementara itu, Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Tengah Kombes Pol Lukas Akbar Abriari mengatakan satgas ini sudah langsung bekerja meski pendaftaran bakal calon kepala daerah baru akan dibuka 8 Januari 2018.

“Unggahan yang mengandung unsur SARA dan fitnah akan menjadi prioritas kami,” katanya.(ant/udi)

BERBAGI