Beranda Hukum & Kriminal Polisi Dikerahkan untuk Amankan Soal Seleksi Perdes

Polisi Dikerahkan untuk Amankan Soal Seleksi Perdes

18
BERBAGI
DOK

JATENGPOS.CO.ID. KLATEN- Ujian seleksi perangkat desa (perdes) akan dilaksanakan Minggu (29/4)mendatang. Untuk mencegah kebocoran soal, tim penguji menggandeng Polres Klaten untuk melakukan pengamanan.

Rektor Unwidha Klaten, Prof. Triyono yang mengatakan, pengawasan yang dilakukan polisi mulai dari proses penggandaan, penyimpanan, hingga distribusi naskah ke lokasi ujian. Bukan itu saja, untuk masuk pada ruang penyimpanan naskah, ada beberapa standart yang harus dilalui. Bahkan naskah ujian juga akan diberi garis polisi.

“Koordinasi kita lakukan dengan Polsek Ketandan hingga tembusan ke Polres. Itu nanti sebelum didistribusikan naskah disimpan kedalam ruangan khusus, kunci pintu ruangan kami ganti kunci baru, dan anak kuncinya diserahkan polisi lalu kami segel semua,”katanya, Selasa (24/04).

Triyono menambahkan, di dalam ruang penyimpanan naskah ujian dilengkapi kamera CCTV. Naskah ujian juga dimasukkan ke dalam almari khusus dengan segel dari polisi dan pihak penguji. Pihaknya juga menyiapkan mesin penghancur kertas apabila nantinya ada naskah ujian yang rusak sebelum didistribusikan.

“Dan bagi panitia penguji juga sudah membuat pakta integritas. Sebab, ini adalah amanah dari semua pihak kepada kami untuk menguji. Dalam SOP juga ada sanksi bagi siapapun yang melanggar. Sanksi terbagi dalam kategori ringan, sedang, dan berat,” imbuh Triyono.

Lebih lanjut Triyono menjelaskan, dengan adanya upaya pengamanan maksimal yang dilakukan ini diharapkan mampu mencegah kebocoran soal. Dengan demikian, dari ujian ini dapat melahirkan perangkat desa baru yang memiliki kompetensi dibidangnya serta memiliki integritas dalam mendukung visi misi Kabupaten Klaten.

“Kami dipercaya sebagai tim penguji, dan kami menjaga kepercayaan itu. Kami tidak main-main, langkah pengamanan yang maksimal ini merupakan bukti keseriusan kami,” pungkas Triyono. (aya/saf/muz)

BERBAGI