Beranda Hukum & Kriminal Polres Pati Siagakan 1.603 Personel untuk Amankan Pilkades Serentak April 2021

Polres Pati Siagakan 1.603 Personel untuk Amankan Pilkades Serentak April 2021

11
Kapolres Pati AKBP Arie Prasetya Syafa'at saat pemaparan kesiapan pengamanan Pilkades serentak gelombang 1 tahun 2021 Kabupaten Pati di Aula Sarja Arya Racana Polres Pati, Kamis (4/3/2021). (ANTARA/HO-Polres Pati)

JATENGPOS.CO.ID, PATI – Polres Pati, Jawa Tengah siap melakukan pengamanan pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di daerah setempat dengan menyiagakan sebanyak 1.603 personel gabungan.

“Dari ratusan personel tersebut, meliputi 898 personel Polres Pati, 300 personel BKO Pam TPS dari Polres Rembang, Blora, Grobogan, Kudus dan Jepara serta 405 personel BKO Ikatan Pleton dari Polres Blora, Grobogan, Demak, Semarang, Kendal, Dalmas Polda Jateng dan Brimob Polda Jateng,” kata Kapolres Pati AKBP Arie Prasetya Syafa’at saat pemaparan kesiapan pengamanan Pilkades serentak gelombang 1 tahun 2021 Kabupaten Pati di Aula Sarja Arya Racana Polres Pati, Kamis.

Ia mengungkapkan jumlah desa yang akan melaksanakan Pilkades di Kabupaten Pati sebanyak 219 desa yang tersebar di 21 kecamatan.

Dari jumlah tersebut, yang termasuk kriteria aman sebanyak 169 desa dan kriteria rawan 50 desa. Jumlah itu sesuai pemetaan sementara karena saat ini masih tahap pendaftaran selain itu terdapat desa rawan banjir.

Selain upaya pendekatan, upaya lain untuk menyukseskan Pilkades serentak tahun 2021, di antaranya membentuk Satgas anti judi dan politik uang, melaksanakan apel bersama Babinkamtibmas dan Babinsa, melaksanakan deklarasi damai dan pernyataan sikap serta melaksanakan pemusnahan minuman keras.

Terkait dengan masa pandemi COVID-19, Pemerintah Kabupaten Pati juga menerbitkan Peraturan Bupati nomor 88/2020 yang pelaksanaannya disesuaikan dengan masa pandemi COVID-19.

Perbub nomor 88/2020 tentang Pelaksanaan Pilkades di Masa Pandemi COVID-19 tersebut, juga ada pembenahan dibandingkan perbub sebelumnya. Sudah ada beberapa revisi untuk disesuaikan kondisi pandemi COVID-19 seperti sekarang. (fid/ant)