Beranda Hukum & Kriminal Polres Pekalongan Libatkan Satwa K-9 untuk Pengamanan Pilgub

Polres Pekalongan Libatkan Satwa K-9 untuk Pengamanan Pilgub

BERBAGI

JATENGPOS.CO.ID. PEKALONGAN- Polres Pekalongan menyiapkan enam unit satwa K-9 pada saat pengamanan pelaksanaan Pemilihan Gubernur 2018.

Kepala Polres Pekalongan, AKBP Wawan Kurniawan di Pekalongan, Selasa, mengatakan bahwa selain akan menerjunkan 6.841 personel gabungan, polres juga menyiapkan enam unit satwa K-9.

“Sejumlah anjing pelacak tersebut akan kami terjunkan pada kerumunan massa apabila pada pelaksanaan Pilgub 2018 terjadi gesekan antarwarga,” katanya.

Pada acara simulasi pengamanan Pilgub 2018 itu, ia mengatakan, anjing dengan kemampuan lacak khusus dan pengedalian massa itu kini terus dilatih kemampuannya.

“Satu anjing dengan kemampuan lacak khusus itu berjenis Malnois. Anjing nantinya akan kami terjunkan pada pengendalian massa sekaligus mendeteksi bahan peledak dan narkoba,” katanya.

Ia mengatakan pada pengamanan Pilgub Jateng, polres akan menerjunkan 6.841 personel yang terdiri atas 883 polisi, TNI (270), Brimob (260), dan petugas perlindungan masyarakat (5.428).

“Meski tingkat kerawanan menjelang Pigub 2018 di Kabupaten Pekalongan terbilang minim, tetapi kami tetap siaga melakukan pengamanan,” katanya.

Upaya dilakukan untuk mengantisipasi kerawanan gesekan antarwarga, polres juga melakukan patroli ke sejumlah wilayah. (ant/muz)

BERBAGI