Beranda Jateng Polresta Solo Bantu Pekerja Paket Bibit Ikan *Untuk Ketahanan Pangan

Polresta Solo Bantu Pekerja Paket Bibit Ikan *Untuk Ketahanan Pangan

14
Kanit II Ekonomi Sat Intel Polresta Solo, AKP Ahmad Zaini secara simbolis menyerahkan bantuan paket bibit lele kepada perwakilan buruh yang tergabung dalam KSPSI Solo, Rabu (29/7).
JATENGPOS.CO.ID, SOLO – Polresta Solo kembali memberikan bantuan kepada para buruh pekerja yang terdampak Covid-19. Kali ini bantuan tidak lagi berupa paket sembako namun berupa paket bibit ikan.
Kanit II Ekonomi Sat Intel Polresta Solo, AKP Ahmad Zaini mengatakan, bantuan tersebut dimaksudkan untuk membantu para buruh pekerja yang terdampak Covid-19 untuk bisa bertahan hidup.
“Dengan cara melalui ketahanan pangan, yaitu budidaya lele. Tujuannya agar teman-teman buruh ini yang biasanya membeli lele untuk lauk sekarang dengan budidaya sendiri tidak perlu lagi beli,” jelasnya disela-sela penyerahan bantuan paket bibit lele kepada perwakilan buruh, Rabu (29/7).
Ia menambahkan bantuan yang diberikan kali ini berupa puluhan paket bibit lele. Yang terdiri dari bibit lele remaja, tempat untuk budidaya, pakan serta pot dan media tanam.
Selain bantuan paket budidaya lele, para perwakilan buruh yang hadir juga diberikan pelatihan singkat bagaimana cara membudidayakan lele sekaligus bercocok tanam dengan media ember.
“Jadi konsepnya selain budidaya lele, sekaligus bisa untuk menanam sayur. Seperti cabai, tomat atau tanaman lainnya. Karena di wadah untuk budidaya lele didesain khusus sehingga bagian atasnya bisa dimanfaatkan untuk menanam. Dan setelah masa panen nanti harapannya budidaya lele bisa terus dilanjutkan sehingga bisa mengurangi cost atau pengeluaran atau syukur-syukur bisa menambah pendapatan yang berkurang karena dampak pandemi,” ujarnya.
Disinggung mengapa memilih paket bibit lele, Zaini mengatakan, hal tersebut didasari pada pemikiran bagaimana para buruh bekerja bisa memiliki ketahanan pangan di rumah yang mudah dan berkelanjutan.
“Pemikiran yang paling simpel bagaimana mereka bisa bertahan di tengah kondisi pandemi dimana ada yang bahkan tidak punya penghasilan karena dirumahkan oleh perusahaan. Dan tadi sudah saya sampaikan silakan rekan-rekan buruh yang mempunyai ide yang lain, inovasi yang lain barangkali mempunyai ide nanti kita bikinkan bersama. Kami dari Polresta siap memfasilitasi,” ujarnya.
Sementara itu, Ketua DPC Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KPSI) Solo, Wahyu Rahadi mengaku sangat berterima kasih dengan bantuan yang diberikan Polresta Solo kepada rekan-rekan buruh.
“Karena perhatiannya yang luar biasa kepada kawan-kawan pekerja buruh. Sebab kami pekerja buruh merupakan yang paling terkena imbas Covid-19. Kami sangat berterima kasih bantuan-bantuan yang ada di saat mungkin tidak semua lembaga melirik kawan-kawan buruh dan pekerja,” ujarnya.
Ia pun mengaku takjub dengan kreativitas Polresta Solo yang memiliki pemikiran untuk membantu pekerja buruh dengan paket bibit ikan lele.
“Saya kira ini cukup kreatif kami saja tidak membayangkan bahwa kemudian apa yang diberikan ini sesuatu yang praktis dan memang mengena. Ini betul-betul menarik dan bisa menjadi satu alternatif serta mudah dilakukan terutama bagi kawan-kawan yang hari ini sudah berhenti bekerja atau dirumahkan atau waktu kerjanya dikurangi jadi ini sangat tepat,” ujarnya. (jay/bis)