Beranda Hukum & Kriminal Polri Minta Kabareskrim Teliti Lagi Kasus Munir

Polri Minta Kabareskrim Teliti Lagi Kasus Munir

37
BERBAGI

JATENGPOS.CO.ID, JAKARTA — Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian memerintahkan Kabareskrim Polri Irjen Arief Sulistyanto meneliti kembali kasus pembunuhan aktivis HAM, Munir Said Thalib. Hal itu menyusul desakan berbagai pihak pascabebasnya terpidana kasus pembunuhan Munir, Pollycarpus Budihari Prijanto.

“Kapolri sudah perintahkan Kabareskrim baru untuk meneliti kasus itu lagi,” ujar Kepala Divisi Humas Polri Irjen Setyo Wasisto di kantornya, Jakarta Selatan, Senin (3/9/2018).

Hanya saja, dia tidak menjawab saat disinggung apakah kepolisian sudah menemukan bukti baru atau novum dalam kasus kematian Munir atau belum. Dia juga enggan berspekulasi apakah akan ada tersangka baru di kasus Munir.

“Ini baru ada perintah dari Kapolri ke Kabareskrim untuk meneliti kasus Munir, kita akan buka lagi berkas perkara itu lagi. Kita cek dulu berkasnya seperti apa nanti,” ucap Setyo.

Sebelumnya, Jaksa Agung HM Prasetyo mengaku belum bisa berbuat banyak terkait penanganan kasus Munir. Apalagi dokumen asli hasil penyelidikan tim pencari fakta (TPF) Munir yang dikabarkan hilang belum juga ditemukan.

“Ya kita tunggu. Kata pemerintah yang lalu sudah diserahkan ke Setneg. Tapi pas kami cek ke Setneg tidak ada, ya gimana,” ujar Prasetyo di Kompleks Kejaksaan Agung, Jakarta, Jumat 31 Agustus 2018.(fid/ant)

BERBAGI