Beranda Sekolah Hebat Opini Guru Portal Rumah Belajar Tingkatkan Minat Belajar Peserta Didik

Portal Rumah Belajar Tingkatkan Minat Belajar Peserta Didik

132
Merry Diana Puspitasari, S.Kom Guru Bimbingan TIK pada SMP Negeri 3 Temanggung
Merry Diana Puspitasari, S.Kom Guru Bimbingan TIK pada SMP Negeri 3 Temanggung

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) abad ke-21 mendorong terjadinya perubahan peran pendidik sehingga menciptakan berbagai tantangan baru dalam kegiatan pembelajaran. Pasca diberlakukannya kurikulum 2013, peran guru TIK dalam implementasi kurikulum 2013 berdasarkan pasal 4 Permendikbud No. 68 tahun 2014, Guru TIK berperan membimbing peserta didik untuk mencari, mengolah mengolah, menyimpan, menyajikan, serta menyebarkan data dan informasi dalam berbagai cara untuk mendukung kelancaran proses pembelajaran. Peserta didik abad ke-21 diharapkan dapat memiliki keterampilan menentukan tujuan belajar, mengkonstruksi pengetahuan, kolaborasi, komunikasi, memanfaatkan TIK, dan penyelesaian masalah.

Permasalahan saat ini mengenai pembelajaran berbasis TIK diantaranya masih sedikit pengajar yang memilliki kompetensi profesional di bidang TIK, belum adanya standarisasi dalam pelaksanaan kurikulum dan pembelajaran dengan memanfaatkan TIK, terbatasnya pengembangan perangkat lunak yang menyediakan materi pelajaran dan terbatasnya fasilitas belajar seperti laboratorium komputer sehingga mempengaruhi minat belajar peserta didik. Minat belajar yang masih rendah itu terlihat juga di SMP Negeri 3 Temanggung kelas IX pada saat pembimbingan TIK.

Menurut Hansen (2013: 57) menyatakan bahwa minat belajar peserta didik erat hubungannya dengan kepribadian, motivasi, ekspresi dan konsep diri atau identifikasi, faktor keturunan dan pengaruh lingkungan. Salah satu solusi untuk membangkitkan minat belajar peserta didik dengan mengenalkan website pendidikan. Portal (Bahasa Inggris : webiste) adalah tempat yang menyediakan kemampuan tertentu yang dibuat sedemikian rupa dengan mencoba menuruti selera pengunjung. Lebih spesifik sebagai penyedia informasi yang dapat diakses menggunakan beragam perangkat, misalnya komputer pribadi, komputer jinjing (notebook), PDA (Personal Digital Assistant) bahkan telepon genggam.

Rumah Belajar merupakan portal yang dibangun oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk memfasilitasi ketersediaan konten bahan belajar yang dapat dimanfaatkan oleh guru, peserta didik, orangtua, maupun masyarakat umum. Rumah belajar dapat di akses melalui https://belajar.kemdikbud.go.id. Layanan pada Rumah Belajar menyajikan materi pelajaran yang menarik, tidak monoton, dan memudahkan penyampaian yang berisi bahan belajar interaktif yang dilengkapi dengan media pendukung seperti animasi, gambar, video dan simulasi. Ada delapan fitur utama yang dapat dimanfaatkan yaitu sumber belajar, buku sekolah elektronik, bank soal, laboratorium maya, peta budaya, wahana jelajah angkasa, pengembangan keprofesian berkelanjutan, dan kelas maya. Fitur Sumber Belajar menyajikan materi ajar bagi siswa. Materi ajar disajikan secara terstruktur dengan tampilan menarik, sumber belajar disajikan dalam bentuk gambar, video, animasi,simulasi dan permainan, juga bisa diunduh untuk dipergunakan secara luar jaringan. Fitur Bank Soal menyediakan kumpulan soal yang dikelompokkan berdasarkan topik ajar. Selain itu, tersedia juga berbagai akses soal latihan, ulangan, dan ujian, secara gratis.

Menurut Abdul Kadir dan Tera (2005: 64) penggunaan portal pendidikan mempunyai pengaruh dalam proses pembelajaran karena pendidik dapat melihat informasi terbaru yang dihubungkan dengan materi pelajaran. Pendidik dapat menggunakan sebagai media dalam menyampaikan informasi kepada peserta didik, sehingga peserta didik termotivasi untuk belajar. Pemanfaatan portal pendidikan dalam kegiatan pembelajaran memberikan pengaruh terhadap pencapaian proses pembelajaran yang memberikan rangsangan meningkatkan minat belajar peserta didik dalam memahami pelajaran.

Pemanfaatan portal pendidikan sebagai media pembelajaran berbasis teknologi akan menghasilkan generasi yang unggul. Dengan fasilitas sekolah dan bimbingan dalam penggunaan portal pendidikan merupakan salah satu langkah meningkatkan minat belajar, menambah pengetahuan dan pengalaman peserta didik. Meningkatnya minat belajar peserta didik sesuai perkembangan teknologi merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan pembelajaran.

Merry Diana Puspitasari, S.Kom
Guru Bimbingan TIK pada SMP Negeri 3 Temanggung