Beranda Sekolah Hebat Opini Guru Powtoon Atasi Pembelajaran Monoton

Powtoon Atasi Pembelajaran Monoton

133
BERBAGI
Lestari Wijayanti, S.Pd. Guru SD N Sokoharjo, Kutoarjo, Purworejo
Lestari Wijayanti, S.Pd. Guru SD N Sokoharjo, Kutoarjo, Purworejo

JATENGPOS.CO.ID, – Proses pembelajaran merupakan proses komunikasi. Dalam suatu proses komunikasi selalu melibatkan tiga komponen pokok, yaitu komponen pengirim pesan (guru), komponen penerima pesan (siswa), dan komponen pesan itu sendiri yang biasanya berupa materi. Kadang-kadang dalam proses pembelajaran terjadi kegagalan komunikasi. Artinya, materi pelajaran atau pesan yang disampaikan guru tidak dapat diterima siswa dengan optimal. Hal yang lebih parah lagi apabila siswa salah menangkap isi pesan yang disampaikan. Untuk menghindari hal tersebut,  guru dapat menyusun strategi pembelajaran dengan memanfaatkan berbagai media pembelajaran.

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya teknologi informasi, sangat berpengaruh terhadap penyusunan dan implementasi strategi pembelajaran. Melalui kemajuan tersebut para guru dapat menggunakan berbagai media sesuai dengan kebutuhan dan tujuan pembelajaran. Salah satu aplikasi menarik yang dapat digunakan agar pembelajaran menjadi tidak monoton yaitu powtoon.

Powtoon merupakan layanan online untuk membuat sebuah paparan yang memiliki fitur animasi sangat menarik diantaranya animasi tulisan tangan, animasi kartun, dan efek transisi yang lebih hidup serta pengaturan time line yang sangat mudah. Aplikasi ini cocok digunakan untuk membuat media pembelajaran khususnya untuk  siswa SD yang masih suka dengan animasi kartun.

Cara untuk menggunakan aplikasi powtoon yaitu 1) Buka websitenya di alamat https://www.powtoon.com kemudian klik tombol warna biru yang ada tulisan start now. 2) Muncul halaman pendaftaran. Jika belum mendaftar menjadi anggota di web powtoon, silahkan mendaftar terlebih dahulu. Pendaftaran bisa menggunakan akun google, facebook, linkedin, atau email. 3) Jika sudah memiliki akun, klik tulisan log in. Isi username dan passwordnya bila menggunakan email atau menggunakan akun google, facebook,  maupun linkedin. 4) Setelah log in, akan tampil menu untuk membuat animasi. Klik salah satu menu yang akan diinginkan, misal customize a popular template. 5) Setelah itu akan muncul beberapa pilihan template.  Pilih salah satu template yang diinginkan, misal school syllabus. 6) Panel sebelah kiri untuk melihat slide yang sudah dibuat dan bisa digunakan untuk menambah slide baru atau menghapusnya bila tidak dibutuhkan. Sedangkan panel sebelah kanan memiliki fungsi untuk mengatur layouts, background, text, library, objects, graphs, sound, dan images yang akan dimasukkan ke dalam panel timeline. 7) Untuk merekam suara, klik gambar sound – no voiceover added yet, klik record – start record kemudian bersuaralah. 8) Apabila telah selesai membuat animasi sesuai dengan kebutuhan, klik tombol export. Kemudian tampil menu export options. Silahkan pilih fitur yang akan digunakan, misalnya kita pilih Download as MP4, PDF atau PPT.

Apabila guru membuat media pembelajaran dengan aplikasi powtoon, manfaatnya adalah sebagai berikut: 1) Memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbalistis (dalam bentuk kata-kata tertulis atau lisan). 2) Mengatasi keterbatasan ruang, waktu, dan daya indra. Misalnya obyek yang terlalu besar dan kecil dapat digantikan dengan gambar atau film. 3) Gerak yang terlalu lambat atau cepat dapat dibantu dengan timelapse atau high speed photograph. 4) Kejadian atau peristiwa pada masa lalu dapat ditampilkan lagi melalui film, video, maupun foto. 5) Konsep yang terlalu luas (gunung berapi, gempa bumi, iklim, dan lain-lain) dapat divisualkan dalam bentuk film maupun gambar.

Berdasarkan uraian di atas, penulis menyarankan agar guru selalu memilih media pembelajaran yang menarik dan bervariasi agar pembelajaran tidak membosankan atau monoton sehingga siswa dapat  aktif dan semangat dalam mengikuti proses pembelajaran.

Lestari Wijayanti, S.Pd.
Guru SD N Sokoharjo, Kutoarjo, Purworejo
BERBAGI