Beranda Jateng PPDP Pati Tetap Lakukan Pencocokan Data Warga Kebanjiran

PPDP Pati Tetap Lakukan Pencocokan Data Warga Kebanjiran

BERBAGI
ILUSTRASI. FOTO:DOK/DETIK/JATENGPOS

JATENGPOS.CO.ID. PATI – Pencocokan dan penelitian data pemilih tetap dilakukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih di Kecamatan Pati Kota, meskipun tempat tinggal warga yang akan didatangi masih dilanda banjir, Kamis (8/2).

Menurut salah seorang PPDP Desa Mustokoharjo, Kecamatan Pati Kota, Ashuri di Pati, Kamis, dirinya dalam melakukan pemutakhiran data pemilih di Desa Mustokoharjo terpaksa menggunakan perahu, karena warga yang dituju sedang dilanda banjir.

Lokasi yang dituju, kata dia, berada di Dukuh Ngantru yang tersebar di Rukun Tetangga (RT) 3 dan 4 yang ada di Rukun Warga (RW) 1, khususnya Tempat Pemungutan Suara (TPS) 3 di Desa Mustokoharjo.

“Jika tidak dilaksanakan segera, saya khawatir bencana banjir di desa setempat justru akan semakin besar,” ujarnya.

Apabila banjirnya semakin besar, tentunya warga setempat berpotensi mengungsi ke tempat yang lebih aman, sehingga menyulitkan dalam proses pemutakhiran data pemilihnya.

Ia berharap, dalam melakukan pemutakhiran data pemilih untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jateng 2018 bisa lancar, meskipun sebagian warga sedang dilanda banjir.

Coklit data pemilih tersebut, dijadwalkan dimulai 20 Januari hingga 18 Februari 2018.

Anggota KPU Pati Ahmad Jukari memberikan apresiasi terhadap petugas PPDP Pilgub Jateng 2018 yang tetap menjalankan tugas di daerah yang tengah dilanda banjir.

Jalan di Dukuh Ngantru, Desa Mustokoharjo, kata dia, memang terendam banjir, namun tidak menghalangi Ashuri sebagai petugas pemutakhiran di TPS 3 tersebut untuk tetap melanjutkan tugasnya melakukan pencocokan dan penelitian data pemilih.

Beberapa desa di Kabupaten Pati, kata dia, memang menjadi langganan banjir, termasuk di Desa Mustokoharjo.

Desa lain yang mengalami hal serupa, yakni di Desa Mintobasuki dan Desa Banjarsari, Kecamatan Gabus.

Pemutakhiran data pemilih di Kabupaten Pati melibatkan 2.337 petugas pemutakhiran data pemilih.

Jumlah PPDP yang disiapkan KPU Pati untuk pemutakhiran data pemilih dalam Pilgub Jateng 2018 lebih banyak dibandingkan dengan jumlah PPDP saat pemilihan bupati dan wakil bupati Pati tahun 2017.

Saat itu, kata Jukari, KPU Pati hanya mengerahkan 2.295 PPDP.

“Dengan demikian jumlah PPDP dalam Pilgub Jateng kali ini bertambah 42 personel,” ujarnya.

Jumlah tempat pemungutan suara (TPS) Pilgub Jateng, menurutnya, juga bertambah 42 TPS menjadi 2.337 TPS. (ant/muz)

BERBAGI