Beranda Nasional Priiittt, Kick Off #PesonaAsianGames2018 Dimulai

Priiittt, Kick Off #PesonaAsianGames2018 Dimulai

BERBAGI

JATENGPOS.CO.ID, JAKARTA – Ayo guys tunggu apalagi. Kick off voting atlet favorit dan lomba video #PesonaAsianGames2018 sudah dilakukan. Buruan vote atlet idolamu, bikin video kerenmu. Karena hadiah menarik telah menanti.

Kick off #PesonaAsianGames2018 dilakukan Menteri Pariwisata Arief Yahya, bersama Raditya Dika dan Anindya K Putri. Lokasinya di Gedung Sapta Pesona, kantor Kemenpar, Jumat (6/7) pagi.

Menpar Arief Yahya berharap, dengan vote atlet terfavorit dan lomba video, gaung Asian Games yang digelar 18 Agustus-2 September makin bergelora. Sehingga menciptakan keramaian saat event berlangsung.

“Kita tidak ingin saat pertandingan nanti kurang diminati karena atletnya kurang dikenal. Sama seperti saat Saya melihat World Cup 2018 Swedia vs Swiss. Saya ngantuk soalnya tidak mengenal pemain-pemainnya. Karena itu, kita angkat profil atlet Asian Games agar atlet lebih dikenal. Hingga mendatangkan crowded. penonton saat berlaga nanti,” ujar Menpar Arief Yahya.

Menpar berharap kegiatan ini melahirkan idola-idola baru. Sehingga, masyarakat mau datang menyaksikan pertandingan Asian Games.

Nantinya, 100 nama atlet akan divote di Facebook (FB). Dan akan menghasilkan 10 nama atlet pria dan 10 nama atlet wanita. Atlet dengan jumlah followers yang banyak juga menjadi nilai tambah. 20 nominator atlet terfavorit Asian Games 2018 akan kembali melewati vote.

Update perolehan atlet dipublish setiap hari di Facebook/Genpi.co. Cara vote, klik link genpi.co/vote/asiangames, lalu klik foto 1 atlet pria dan 1 atlet wanita. Jangan lupa untuk like and share link.

Hadiah untuk 4 Atlet Terfavorit (2 atlet pria dan 2 atlet wanita) yaitu Paket Wisata Liburan ke Labuan Bajo dan uang tunai Rp 10 juta untuk masing-masing 4 pemenang atlet terfavorit.

Tersedia juga hadiah uang tunai Rp 500.000 untuk 50 voters pemenang undian. Saat proses voting berlangsung, juga akan ada kuis mingguan.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menjelaskan, sport tourism memiliki media impact yang sangat besar. Apalagi, para atlet dan penonton dari luar negeri sangat berpotensi menjadi repeater tourist.

“Kami proyeksikan penonton terbanyak dari Tiongkok, kedua dari Singapura Dan ketiga Malaysia. Selain itu eventnya sendiri yang bakal banyak menyedot penonton yakni waktu final sepakbola. Penggemar sepakbola dari negeri peserta akan berbondong-bondong datang ke Jakarta,” ungkapnya.

Arief Yahya mengemukakan, dalam Asian Games nanti, akan ada sekitar 150-200 ribu orang yang datang ke Indonesia.

“Mereka ini kami sebut wisman. 10 ribu atlet, 5 ribu official, 5 ribu media, total sudah ada 20 ribu. Sisanya penonton, tergantung, terutama sepakbola, negeri mana lawan mana di final. Hitungan Kemenpar 150 ribu, spending mereka 1.200 US dolar, atlet official 2.500 US dolar. Jika dikalikan timbul angka Rp 3 triliun, itu direct impact,” kata Menpar Arief Yahya.

Juru Bicara Menteri Pemuda dan Olah Raga Anindya K Putri mengaku, vote atlet ini sesuai dengan visi misi yang ada di Kemenpora. Pihaknya memang berharap sisi profil atlet diangkat.

“Tujuannya, selain memberi semangat atlet itu sendiri, juga memberikan inspirasi bagi masyarakat. Vote ini sejalan dengan tujuan kami. Bedanya, di Kemenpora lebih kepada prestasi, sementara di Kemenpar lebih ke arah menyukseskan acaranya,” ujarnya.

Anindya mengaku kerap mendorong para atlet agar meningkatkan pesona brandingnya. Karena dengan begitu, akan banyak manfaat yang didapatkan sang atlet.

“Ini banyak manfaatnya. Selain mempopulerkan cabang olah raga yang digelutinya, juga berpotensi mendatangkan sponsor bagi si atlet itu sendiri,” ungkapnya.

Sementara, Raditya Dika yang menjadi juri utama lomba video #PesonaAsianGames2018, senang terlibat dalam kegiatan ini. Radit bahkan mengaku lomba seperti ini sudah menjadi cita-citanya.

“Saya bahagia bisa kerja bareng Kemenpar. Selama ini Saya bergerak di bidang kreatif. Kemenpar telah memberi ruang melibatkan kreativitas anak muda. Mari kami besar Asian Games dengan tips yang kreatif,” kata Raditya Dika.

Sebagai juri utama, Raditya Dika pun memberikan kisi-kisi buat siapa saja yang mau menang dan memraih ratusan juta. Baginya video yang menarik bukan hanya dari sisi estetika, tetapi dari ide yang berisi.

“Kebanyak kini jika membuat video syutingnya heboh sangat, mesti bagus, pakai drone sampai ke bulan. Kenyataannya kan untuk membuat video yang menarik bukan hanya estetika, tetapi ide yang orisinal. Bahkan hanya dengan menggunakan handphone setiap orang bisa membuat video yang menarik,” kata Raditya menambahkan.

Lomba video #PesonaAsianGames2018, syaratnya juga mudah. Buat video se-kreatif mungkin dengan tema Asian Games 2018 (komedi/drama/musikal/dll). Kemudian upload video ke Facebook dan Youtube dengan hastag #PesonaAsianGames2018 #LombaVideoAsianGames2018 #PesonaIndonesia #WonderfulIndonesia #Genpi dengan durasi minimal 1 menit maksimal 3 menit.

Upload juga video teaser ke Instagram. Setiap peserta wajib follow akun IG @GenPI.co, @kemenpar, @pesonaid_travel. Lalu kirim hasil video ke email redaksi@genpi.co dengan subjek “Lomba Video #PesonaAsianGames2018”. Jangan lupa cantumkan akun medsos kalian.

Peserta boleh melombakan lebih dari satu video. Periode lomba tanggal 16 Juli – 2 September 2018. Dan ingat, video tidak boleh mengandung unsur politik, hoax dan SARA. Pemenang akan diumumkan pada 10 September 2018.

Selama periode lomba, kurator akan mendata, mengumpulkan, menilai dan mengeliminasi video yang dikirimkan.

Juri akan menentukan 20 video teratas untuk dipilih menjadi 3 pemenang mulai tanggal 3-9 September 2018.

Jangan ragu soal hadiahnya. Dijamin bikin ikutan. Pemenang akan mendapatkan hadiah uang tunai Juara I Rp 50.000.000, Juara II Rp 30.000.000 dan Juara III Rp. 20.000.000. Serta hadiah video favorit Rp 10.000.000. Sementara total hadiah kuis Rp 25.000.000.

Tidak hanya itu, pemenang juga akan mendapatkan paket wisata liburan ke Labuan Bajo.(udi)